Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Bibit Pala Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Suyono SUYONO, Rina Wati, Yoga Pratama

Abstract


Pala (Myristica fragrans Houtt) adalah tanaman daerah tropik yang memiliki 200 species, dan seluruhnya tersebar di daerah tropis. Dalam keadaan pertumbuhan yang normal, tanaman pala memiliki mahkota yang rindang, dengan tinggi batang 10 - 18 m. Mahkota pohonnya meruncing ke atas, dengan bagian paling atasnya agak bulat serta ditumbuhi daun yang rapat. Menurut pendapat para ahli, pala adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Malaise Archipel yaitu gugusan kepulauan Banda dan Maluku. Namun untuk menghasilkan pala yang berkualitas harus dari bibit yang berkualitas pula, dalam penentuan bibit pala berkualitas dilihat dari beberapa kriteria yaitu kadar air, bentuk biji pala, warna biji pala, warna kulit buah pala. Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan dapat membantu petani dalam menentukan pala yang berkualitas.

 Penelitian ini menggunakan metode SAW dan diperoleh hasil perhitungan SAW berdasarkan perankingan tertinggi ke rendah yaitu Pala Meraya dengan nilai 10, pala Holland dengan nilai 8.5, pala Bui dengan nilai 7, pala Raja dengan nilai 0.65 dan peringkat terakhir pala Pencuri dengan nilai 6.25. Dengan adanya sistem ini dapat menghasilkan pemilihan bibit dengan kualitas baik dan dapat membantu petani pala dalam pemilihan bibit.


Keywords


SPK; pala; SAW (Simple Additive Weigthing).

Full Text:

PDF

References


Dita Donita, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dengan Menggunakan Metode AHP, Jurnal

Ditjen Perkebunan. 2015. Pembibitan Tanaman Pala. Jakarta

Dwi Septiyana. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Hama Penyakit pada Jambu Mutiara. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Fishburn .1967. (MacCrimmon, 1968), Dalam Jurnal “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kineja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weigthing (SAW) Pada PT. Indonesia Steel Tube Work” oleh Siprianus Endro Sri Widodo1, Septia Lutfi2, Solikhin3

Kusumadewi. 2011. Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penyakit pada Tanaman Padi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Oktavianus. 2013. Pedoman Teknis Budidaya Tanaman Pala. Padang: Kelompok Tani Karan Saiyo.

Rukmana. 2010. Usaha Tani Pala. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi Pertanian

Sugiono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: ALFABETA

Verina, Yohana, Kartina. 2012. Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.Jurnal teknik Informatika.Vol 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v7i1.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.