Penerapan SMS Gateway Sebagai Customer Touching Application Untuk Melayani Kebutuhan Informasi Pelanggan Pada PT.Sukses Gemilang Jaya

Andrees Son

Abstract


Pelanggan merupakan aset bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan berusaha untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya, karena efek yang dapat ditimbulkan dari loyalitas pelanggan adalah pembelian yang berulang, kesediaan pelanggan untuk merekomendasikan kepada orang lain. Pelanggan merupakan suatu alat yang dapat membantu menyimpan dan menampilkan data-data pelanggan perusahaan. Data-data yang di perlukan antara lain: data profil pelanggan, data transaksi, dan data produk. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai pertambahan jumlah pelanggan perusahaan, pertambahan transaksi dan harapan pelanggan terhadap produk perusahaan. Dari hasil pengolahan data-data tersebut, perusahaan melalui manjemen melalui manajmenen dapat mengambil kebijakan sesuai informasi yang ditampilkan. Perangkat yang diperlukan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Gammu, dan Xampp sebagai pengolah database. Dan untuk menampilkan data dari database digunakan web browser. Aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu Monik Clothing dalam memberikan informasi Analitical. CRM ini dapat mengetahui secara lebih mendetail mengenai profile dan segmentasi pelanggan, kebutuhan pelanggan, pola interaksi dan transaksi, serta penjualan dan produk sebagai acuan dalam menentukan strategi CRM pada kegiatan pemasaran, perancangan produk untuk mempertahankan pelnggan.

Full Text:

PDF

References


Wahidin.2010.Aplikasi SMS dengan Php untuk orang awam. Palembang: Maxikom

Gunawan,Wahyu.2010.Kebut sehari jadi master PHP. Yogyakarta: Genius Publisher.

CRM with Marketing Comunication. http://www.ciptamaya.com/news_seminar1602.html.

Danardatu,aloysius Heru.2003.Pengendalian Customer Relationship Management (CRM).http:ikc.dephan.go.id/umum/herucrm.php.pp2-3.

Satriyono,toni.2001.Tantangan Aplikasi wirelles 3G. http://satriyono.net/works/paper1.html.

andrew.cmu.edu/course/90-754/umlucdfaq.html Dreamfabric.com/sms/




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v2i2.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.