Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi Pada SMK PGRI 1 Kedondong Pesawaran Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Sri Ipnuwati

Abstract


Untuk menentukan mutu Pendidikan di Indonesia guru merupakan hal yang perlu diperhatikan karna merupakan sumberdaya yang sangat penting, sehingga guru harus diperhatikan prestasinya. Dalam menentuan guru berprestasi banyak sekali kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh individu sebagai syarat dalam mendapatkan penghargaan guru berprestasi. Masing-masing sekolah pasti memiliki kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima penghargaan guru berprestasi. Seperti SMK PGRI I Kedondong Pessawaran kriteria â kriteria penilaian yaitu kehadiran, kinerja guru, kuisioner siswa. Sistem pendukung keputusan diperlukan agar dalam evaluasi guru lebih efektif dan efisien dari pada sistem yang sedang berjalan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan analisis evaluasi guru menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sistem pendukung keputusan ini diharapkan mampu membantu pihak manajenien dalam menilai guru, melakukan perubahan dalam kriteria penilaian dan perubahan nilai bobot pada tiap kriteria penilaian. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam mengevaluasi guru dan menentukan guru berprestasi.

Keywords


SPK, guru berprestasi, SAW

References


Asep Kamaludin. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Dadan Umar Daihani. 2001. Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Elex Media Komputindo Jakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2000. Pengenalan Komputer; Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto, (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Kahraman, Cengiz. 2008. Fuzzy multicriteria decision makin gTheory and application with recent Developments. Istanbul: Istanbul Technical University.

Kumala Sari, Indah. (2012). Sistem pendukung keputusan menentukan lokasi gudang di PT. Indofood dengan menggunakan Metode Weighted Product. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Kusumadewi W. Kartina Diah. 2009. Sistem Pendukung Keputusan. Pekanbaru: Politeknik caltex riau.

Sri Eniyati. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Universitas Stikubang.

Turban, Efrain dan Aronson, Jay. 2001. Decision Support System and Intelligent System. Prentice Hall, New Jersey.

Verina Valensia, Yohana Dewi Lulu W, S.Si, M.T. & Kartina Diah Kusuma Wardhani, S.T. 2012. Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Politeknik Caltex Riau.

Waljiyanto. 2000. Sistem Basis Data. Analisis dan Permodelan Data. J&J Learning. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v2i2.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.