Sistem Rekomendasi Beauty Shop Berbasis Collaborative Filtering

Erlangga Erlangga, Hadi Sutrisno

Abstract


The increasing number of beauty places makes it difficult for consumers to determine a beauty shop that fits the required criteria, for example a beauty shop that has facial care, body and hair care services, good quality, and affordable prices. Preferences create a different sense of satisfaction for each person. Satisfaction in this case is the extent to which the perception of the beauty shop is in accordance with user expectations. The purpose of this study is to build an online beauty shop application that can provide recommendations for beauty shops in Bandar Lampung based on the beauty shop rating. The application is built with a recommendation system using the Collaborative Filtering method. This research can make it easier to provide recommendations about beauty stores based on ratings given by other users. The feasibility test of the software shows that the online beauty shop application with a recommendation system based on Collaborative Filtering was successfully tested using the Gutman scale questionnaire technique with good results.

Semakin banyaknya tempat kecantikan membuat konsumen kesulitan untuk menentukan toko kecantikan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, misalnya toko kecantikan yang memiliki layanan perawatan wajah, perawatan tubuh dan rambut, kualitas bagus, dan harga terjangkau. Preferensi menciptakan rasa kepuasan yang berbeda untuk setiap orang. Kepuasan dalam hal ini adalah sejauh mana persepsi toko kecantikan tersebut sesuai dengan harapan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi toko kecantikan online yang dapat memberikan rekomendasi toko kecantikan di Bandar Lampung berdasarkan rating toko kecantikan tersebut. Aplikasi dibangun dengan sistem rekomendasi menggunakan metode Collaborative Filtering. Riset ini dapat memudahkan dalam memberikan rekomendasi tentang toko kecantikan berdasarkan rating yang diberikan oleh pengguna lain. Uji kelayakan perangkat lunak menunjukkan bahwa aplikasi toko kecantikan online dengan sistem rekomendasi berbasis Collaborative Filtering berhasil diuji dengan teknik angket skala Gutman dengan hasil yang baik.


Keywords


Beauty Shop; Sistem Rekomendasi; Collaborative Filtering; Rating

Full Text:

PDF

References


K. C. Laudon and C. G. Traver, E-Commerce 2014, 10th Edition, 10th ed. New York: Pearson, 2014.

J. Bernadi, “Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 4, no. 2, pp. 731–741, 2013, doi: 10.21512/comtech.v4i2.2504.

E. Erlangga and A. Furqon, “Portal e-Brosur Berbasis Modern Advertising Methods Untuk Efektifitas Periklanan,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 20–42, Jun. 2014, doi: 10.36448/jmsit.v4i1.488.

E. Erlangga, M. H. Anggraini, F. Ariani, and Y. Aprilinda, “Aplikasi E-Marketing Panglong Kayu Menggunakan Metode Colaborative Filtering,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 11, no. 1, pp. 57–66, 2020, doi: 10.36448/jsit.v11i1.1460.

A. Kurniawan, “Sistem Rekomendasi Produk Sepatu dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 610–614, 2016, [Online]. Available: https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2016/92.pdf.

I. W. G. P. Darmaja and I. B. M. Mahendra, “Aplikasi E-commerce dengan Sistem Rekomendasi Berbasis Collaborative Filtering pada Penjualan Plakat,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya, 2015, pp. 242–549.

M. Irfan, A. D. C., and F. H. R., “Sistem Rekomendasi: Buku Online dengan Metode Collaborative Filtering,” J. Teknol. Technoscientia, vol. 7, no. 1, pp. 76–84, 2014.

G. I. Marthasari, Y. Azhar, and D. K. Puspitaningrum, “Sistem Rekomendasi Penyewaan Perlengkapan Pesta Menggunakan Collaborative Filtering dan Penggalian Aturan Asosiasi,” J. SimanteC, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2015.

E. B. Prasetya, “Perancangan Web Rank Menggunakan Collaborative Filtering Berdasarkan Kemiripan Konten,” Pros. Semnastek (Seminar Nas. Sains dan Teknol., no. November, pp. 12–14, 2015.

U. Rianse and Abdi, Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v10i2.1611

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


INDEXED BY