OPTIMALISASI TEKNOLOGI INTELIJEN DIT INTELKAM DALAM RANGKA DETEKSI POTENSI KONFLIK SOSIAL DI PROVINSI LAMPUNG

Agus Purnomo, Elip Heldan, Suhaimi Suhaimi

Abstract


Intelkam Polri dalam perkembangan keamanan dan ketertiban masyarakat mempunyai peran yang sangat krusial. melalui peran teknologi intelijen yang dimiliki, diharapkan dapat mendeteksi secara dini potensi-potensi konflik di tengah masyarakat seawal mungkin sehingga dapat ditangkal untuk berkembang menjadi konflik yang meluas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa interview terhadap para pihak yang bersentuhan langsung dengan penggunaan teknologi intelijen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan dalam optimalisasi peran Teknologi Intelijen oleh Ditintelkam Polda Lampung dalam rangka deteksi dini potensi konflik sosial di Provinsi  Lampung antara lain, berasal dari manusia (man) yaitu hambatan dalam mengikuti perkembangan teknologi Informasi; uang (money) yaitu kurangnya dukungan anggaran untuk pengadaan/peningkatan alat-alat khusus (Alsus) Teknologi Intelijen; kemudian hambatan sarana (materials) yaitu perlunya pembaruan peralatan dan software pendukung; dan terakhir metode (methods) yaitu perlunya pedoman baku deteksi dini konflik sosial di wilayah Lampung, belum terciptanya sistem informasi berbasis aplikasi serta belum optimalnya pemberdayaan media pemberitaan. Kemudian optimalisasi peran Teknologi Intelijen oleh Ditintelkam Polda Lampung dalam rangka deteksi dini potensi konflik sosial di Provinsi Lampung lebih mengedepankan pemanfaat peralatan khusus (Alsus) Intelijen serta teknologi informasi yang berkembang.


Keywords


Optimalisasi, Peran, Teknologi Intelijen, Deteksi Dini, Potensi Konflik.

Full Text:

PDF

References


Arisman Trisno, Dkk. 2019. Potensi Konflik Sosial Masyarakat Nagari Padang Sibusuk dengan Desa Kampung Baru Pasca Resolusi Konflik. JUPIIS. Vol.11. (2). 283-294.

Armawi.armaidy. 2012. Optimalisasi Peran Polsek Dalam Mengimplementasikan Program Pemolisian Masyarakat Guna. Jurnal Ketahanan Nasional. Vol.17 (2) 15-30.

Fakhrul Razi, Kairulyadi (2017). Deteksi Dini Dalam Penyelesaian Konflik Oleh Kesbangpol Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Vol.2 (4). 1-17

Hasanuddin, Dkk. 2021. Potensi Konflik Berpengaruh Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kota Gorontalo. Jurnal Noken Ilmu Sosial. Vol.6 (2) 145-158.

Purnomo, Agus. 2021. Peranan Etika Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung Dalam Melaksanakan Sosialisasi Peraturan Gubernur Lampung Nomor 45 Tahun 2020. Jurnal Kebijakan dan Pelayanan Publik (E-JKPP) Universitas Bandar Lampung, Lampung.

Sudarmanto Eko, Dkk. 2021. Manajemen Konflik. Jakarta: Yayasan Penulis Kita.

Sugiono.2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Terry, George R. 2009. Prinsip-prinsip Manajemen. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Turyadi Utari Wahyudi, Firman Johan, Dadang Widyanto. 2021. Analisa Dukungan Internet Of Things Terhadap Peran Intelijen Dalam Pengamanan Daerah Maritim Indonesia Wilayah Timur. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika. Vol.7.(1). 29-39.

Ubbe, Ahmad. 2001. Laporan Pengkajian Hukum tentang Mekanisme Penanganan Konflik Sosial. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta.

Wahyudi, A. (2021). Konflik, Konsep Teori Dan Permasalahan. Publiciana, 8(1), 38-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v8i2.2685

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.