IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT DALAM PENGEMBANGAN UMKM KECAMATAN PRINGSEWU

Achmad Suharyo, Sukismanto aji, Suci Asfarani

Abstract


Fenomena aspek perekonomian negara maupun daerah selalu menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang tidak ada habisnya dimana kebutuhan ekonomi masyarakat yang semakin mendesak sementara kemampuan ekonomi menurun dan melemah, untuk itu dalam rangka perwujudan sistem manajerial pemerintah dalam program pembangunan ekonomi sangat dibutuhkan penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui secara jelas Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Pringsewu sekaligus mengetahui aspek pendukung dan aspek penghambat dalam implementasi program tersebut, dengan menggunakan metode penelitian berupa penelitian Kualitatif sebagai upaya menggambarkan secara jelas mengenai fokus penelitian. Hasil dari penelitian yang telah terlaksana dapat diketahui bahwa komunikasi dalam penyaluran KUR sudah tepat sasaran dalam penerimaan, kemudian sumberdaya yang dimiliki dirasa cukup, dalam aspek disposisi pelayanan dirasa masih kurang cepat dan berbelit-belit dan aspek birokrasi sudah berjalan dengan cukup baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah berjalan dengan cukup baik kendati masih terdapat beberapa indikator yang membuat Implementasi berjalan dengan optimal.

Keywords


Implementasi Kebijakan, Program KUR, UMKM

Full Text:

PDF

References


Achmad Suharyo & Siti Khomiyati. 2020. Analisis Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung 6 (2), 1-12.

Adi Dharma, B. (2016). Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Kur Mikro Pt. Bri Unit Soekarno-Hatta Kota Malang. In dkk / Jurnal Administrasi Publik (Vol. 6, Issue 1).

Agnes Firanti Ekel. 2020. Abstrak. (n.d.). Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Agrowisata Di Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik E-Journal. Vol 6 (92)

Aristanto, E. (2019.). Kredit Usaha Rakyat (KUR) : Pilihan Kebijakan Afirmatif Mendorong Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia.. Jurnal Keuangan dan Perbankan FEB Universitas Merdeka Malang.

Eko Purnomo, & Muhamad Oktavianur. 2021. Implementasi Kebijakan Pembelajaran Program Paket C Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Harapan Bangsa 1 Kota Bandar Lampung). 7(3) 29-40.

Kade Ni,Nini Srinjani. 2020. Peran UMKM Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Equilibrium. Vol 8 (2).

Khalid, A., & Pandipa, H. (2015). Implementasi Kredit Usaha Rakyat (Kur) Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia.Tbk Unit Mapane. In Jurnal Ilmiah Administratie.

Lubis, T., Setia, E., Amalia, Halimatusakdiah, & Abus, N. A. A. (2021). Marketing Strategy through E-Commerce at UMKM Queen Burger and Snack. Abdiformatika, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i2

Malik, M. M., Lukiana, N., & Tauifik, M. (2020). Implementation of Marketing Strategies To Increase Competitiveness in Umkm. Proceedings Progress Conference, 3(1), 241– 248.

Maria Ulfa, Mohamad Mulyadi. 2020. Analisis Dampak Kredit Usaha Rakyat Pada Sektor Usaha Mikro Terhadap Penanggulangan di Kota Makassar. Jurnal Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Vol 11 (1)

Mohammad Gobel. 2020. Implementasi Kebijakan Kredit Usaha Rakyat Di Bank Rakyat Indonesia Unit Bahu Manado. (n.d.). Journal, I., Reviewed, P., & Vol-, I. J. (2020). 2,3,4,5. (3), 1–8.

Mulyana, Y., Rosid, A. (2020.). Implementasi Kebijakan Kredit Usaha Rakyat Pada Umkm Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Fisip Universitas Pasundan.

Riawan.2018. Pengaruh Modal Kecil Dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Desa Pelatihan Kidul Kec.Siman). Jurnal Akuntansi dan Pajak. Vol.19 (01).

Starfish. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. Vol 4 (2).

Tamara, A. (n.d.). Analisis Implementasi ( Tamara) 395. 395–406.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Jurnal Strategi dan Program Pemasaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v8i2.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.