Tinjauan Karakteristik Lalu Lintas Dan Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Raya Sentani Abepura Kota Jayapura

Andung Yunianta

Abstract


Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun, maka kebutuhan untuk melakukan pergerakanpun menjadi meningkat. Akibatnya kemacetanpun terjadi yang dapat menimbulkan adanya kecelakaan lalu lintas. Pada ruas jalan raya Sentani - Abepura Kota Jayapura, sering sekali terjadi kecelakaan, yang diakibatkan oleh kurang tersedianya rambu rambu lalu lintas, kondisi lebar jalan yang tidak memadai, kurang berfungsinya lampu jalan sehingga para pengguna jalan kurang berhati hati. Metode yang digunakan yaitu pengamatan secara langsung, wawancara dengan para nara sumber dan membaca literatur-literatur yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Volume Lalu Lintas Kendaraan (LV, HV, MC) maksimum yang melewati ruas jalan raya Sentani Abepura K ota Jayapura adalah pada hari kerja yaitu sebesar 7300,36 smp/hari. Jumlah kecelakaan tertinggi berdasarkan perhitungan Jumlah Penduduk Satu Area terjadi pada titik 2 daerah rawan kecelakaan, yaitu pada Tanjakan Ale-ale Padang Bulan. Penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas pada titiktitik daerah rawan kecelakan lalulintas adalah ketidakteraturan/manajemen lahan perkotaan dari banyaknya permukiman penduduk, perkantoran, pertokoan, perusahaan/industri, asrama mahasiswa, gereja serta tempat usaha lainnya milik masyarakat yang berada dipinggiran poros jalan utama pada daerah rawan kecelakaan tersebut. Human and Erorr, terbukti juga merupakan factor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas pada Tanjakan Ale-ale sekitaran Padang Bulan Sosial, hal ini dapat terlihat dari sejumlah kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi kendaraan.Diharapkan dengan adanya penelitian ini, kecelakaan yang sering terjadi dapat berkurang.

Keywords


Karakteristik Lalulintas, Tingkat Kecelakaan

Full Text:

PDF

References


Abubakar,I.(1995),Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib,Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum.(1997),Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI), Departemen Pekerjaan Umum,Dirjen Bina Marga,Jakarta.

Hobbs. (1979), Traffic Planning And Engineering, Indonesia Edition,Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Khisty,C.J.& Kent Lall, B.(2005),Transportation Engineering: An Introduction/Third Edition, Indonesia Edition,Penerbit Erlangga,Jakarta.

Morlok,E.K.(1988),Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Munawar,A.(2004),Manajemen Lalu Lintas Perkotaan,Penerbit Beta Offset Yogyakarta.

Osglesby,C.H. & Hicks, R.G.(1982),Higway Engineering,Indonesia Edition,Penerbit Erlangga,Jakarta.

Salter,P.(1981),Hihway Traffic Analysis and Design, McMillan,London.

Shane, W.R. and Roes,R.P.(1990),Traffic Engineering, Prencise-Hall Inc., New Jersey,USA.

Tamin, O.Z.(2003), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi,Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Taylor,M.A.P.& Young, W.(1988),Traffic Analysis New Technology & New Solution,Hargreen Publishing Company,Australia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v2i1.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.