ANALISIS DEBIT BANJIR RENCANA SUNGAI PALU DENGAN MENGGUNAKAN HIDROGRAF SATUAN SINTETIK ( HSS ) NAKAYASU

Ifginia ifginia

Abstract


Sungai Palu seharusnya bersih dari segala sesuatu yang dianggap akan dapat memperlambat arus Sungai Palu dan menyebabkan banjir di daerah sekitarnya. Terdapat beberapa permasalahan pokok yang menjadi penyebab meluapnya Sungai Palu diantaranya adalah curah hujan yang cukup tinggi, adanya endapan atau sedimentasi yang telah membentuk delta di muara akibat deforestasi di bagian hulu serta kapasitas sungai yang tidak lagi mampu menampung debit banjir. Terkait hal tersebut maka penelitian dilakukan untuk mengetahui debit banjir Sungai Palu dalam periode ulang 2,5,10,25 dan 50 tahun. Dalam penelitian ini digunakan metode Hidrograf Satuan Sintetik (HSS) Nakayasu untuk melakukan penelusuran debit banjir Sungai Palu. Hasil penelitian menunjukkan besarnya debit banjir rencana Sungai Palu pada periode ulang 2,5,10,25 dan 50 tahun adalah  , ,    dan .

Keywords


banjir; hujan; sungai

Full Text:

PDF

References


Hadisusanto, N. (2011). Aplikasi Hidrologi. Malang: Jogja Mediautama.

Ishak, M. (2010). Konsep Penanganan Alur di Belokan dalam Rangka Pengelolaan Sungai di Sulawesi Tengah. Media Litbang Sulteng III , 1-5.

Lyubimova, T., Lephikin, A., & Parshakova, Y. (2016). The Risk of River Pollution due to Washout from Contaminated Floodplain Water Bodies during Periods of High Magnitude Floods. Journal of Hydrology , 579-589.

Natakusumah, D. K., Hatmoko, W., & Harlan, D. (2011). Prosedur Umum Perhitungan Hidrograf Satuan Sintetis dengan Cara ITB dan Beberapa Contoh Penerapannya . Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil , 251-291.

Ongkosono, O. S. (2010). Kuala, Muara Sungai dan Delta. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Pusat Penelitian Oseanografi Balai Dinamika Laut Kelompok Penelitian Geologi Laut.

Saharia, M., Kirstette, E. P., & Vergara, H. (2017). Characterization of Floods in the United State. Journal of Hydrology , 524-535.

Siswoyo, H. (2011). Pengembangan Model Hidrograf Satuan Sintetis Snyder untuk Daerah Aliran Sungai di Jawa Timur. Jurnal Pengairan Fak Teknik Universitas Brawijaya Vol 2 No 1 , 1-13.

Sosrodarsono, S., & Tominaga, M. (1994). Perbaikan dan Pengaturan Sungai. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sutapa, W. I. (2006). Studi Pengaruh dan Hubungan Variabel Bentuk DAS Terhadap Parameter Hidrograf Satuan Sintetik (Studi Kasus: Sungai Salugan, Taopa dan Batui di Sulawesi Tengah). Jurnal SMARTek Vol. 4 No.4 , 224-232




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v11i2.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.