https://socius.unesa.ac.id/css/
Pergeseran Pemanfaatan Instagram sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle) | Verawati | KOM & REALITAS SOSIAL

Pergeseran Pemanfaatan Instagram sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle)

Noning Verawati

Abstract


Penelitian berjudul Pergeseran Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle) didorong oleh perkembangan media sosial, terutama Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemanfaatan pergeseran dari Instagram sebagai media online bisnis, faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pergeseran Instagram dengan mengamati obyek penelitian yakni akun Schonehazzle untuk mengetahui apakah sebagian besar konsumen yang melakukan transaksi berasal dari pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan dengan wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan agenda mendorong proses pemanfaatan pergeseran pada Instagram sebagai media bisnis online, Instagram yang dinilai sebagai pendorong yang canggih dan modern untuk menarik para pengguna melakukan pembelian pada produk yang dijual. Ada 3 faktor yang memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan Instagram sebagai media online bisnis, yang perkembangan tren, pasar terkini, dan fitur unik.


Keywords


Instagram; Media Bisnis; Bisnis Online; Pemanfaatan.

Full Text:

PDF

References


Bajari,Anwar. 2013. Perencanaan Komunikasi Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Buku Ultimus.

Effendy, Onong. 2011. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. 1984. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Pers.

Nurudin. 2007. PengantarKomunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis Edisi Ketiga. Jakarta. Erlangga.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT. Lukis Pelangi Aksara

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsono, Lukas Dwiantara. 2013. Komunikasi Bisnis: Peran Komunikasi Internasional dalam Aktifitas Bisnis, Yogyakarta. CAPS (Center Of Academic Publiching Service)

Verawati, Noning. 2016. Pergeseran Pemanfaatan Instagram sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle). Universitas Bandar Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 1220 times
PDF - 727 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.