Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Debt To Equity Ratio (DER) dan Price To Book Value (PBV) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan di Indonesia

Khairudin KHAIRUDIN, . Wandita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, debt to equity ratio, price to book value terhadap harga saham perusahaan pertambangan di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2011-2015 dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa harga saham, ROE, EPS, DER dan PBV periode 2011–2015. Data tersebut diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) serta dari web Indonesia Stock Exchange. Data-data tersebut dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif meliputi uji asumsi klasik, regresi linier berganda, pengujian hipotesis (uji t) dan koefesien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio profitabilitas (return on equity, earning per share) dan price to book value berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, sedangkan debt to equity ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham.


Keywords


Return on Equity; Earning per Share; Debt to Equity; Price to Book Value; Harga Saham.

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F. and Houston, Joel Fred. (2013), “Fundamental of Financial Management”, Thirteenth Edition, Australia : South Western.

Conelly, Brian L., Certo S Trevis., Ireland R Duane and Reutzel Christopher R. (2011), “Signalling Theory : A Review and Assessment”, Journal of Management, Januari Vol. 37 No.1

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin, Hendy M. (2001), “Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab”, Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Putu Dina Aristya dan Suaryana, I.G.N.A (2013), “Pengaruh EPS, DER dan PBV Terhadap Harga Saham”, E-Jurnal Akuntansi 4.1, Universitas Udayana.

Freeman, R, Edward. (1984). “Strategic Management: A Stakeholder Approach”, Boston, Pitman.

Gibson, Charles H. (2001), “Financial Reporting and Analysis Using Financial Accounting Information”, Eight Edition, South Western College Publishing, Ohio.

Gitman, Lawrence J. and Zutter, Chad J. (2015), “Principles of Managerial Finance”, Boston : Pearson Education

Halim, Abdul. (2005), “Analisis Investasi”, Edisi 2, Jakarta : Salemba Empat.

Hanum, Zulia. (2009), “Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011”, Jurnal Manajemen dan Bisnis,Vol 08, No 02, Universitas Brawijaya.

Nurhasanah, Rahmalia. (2014),”Pengaruh Return on Assets (ROA), Return On Equity dan Earning per Share terhadap Harga Saham Perusahaan LQ 45 yang terdaftar di BEI tahun 2007-2011”, Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatma.

Putra, Kadek Arik Permana dan Mugiono. (2016),”Pengaruh Price Earning per Share (PER), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ Periode 2008-2011”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Vol 2 No 1.

Spence, Michael (1973), “Job Market Signalling”:The Quarterly Journal of Economics”, The MIT Press, Agustus, Vol. 87 No. 3.

Suwardjono. (2005), “Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan”, Edisi Ketiga. BPFE:Yogyakarta.

Wahyono, Hadi. (2002), “Komparasi Kinerja Perusahaan Bank dan Asuransi Studi Empiris di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 2 No. 2.

Wahyudi, Sindu Priyo. (2013), “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Price Earning Ratio dan Price to Book Value Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI periode 2008-2011”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol 1 No 2, Universitas Brawijaya.

www.indonesia-investments.com diakses pada Oktober 2016

www.idx.co.id diakses pada Oktober 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v8i1.826