Pengaruh Tingkat Suku Bunga Simpanan Terhadap Jumlah Deposito pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Liwa

Indrayenti INDRAYENTI, . Susanti

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh tingkat suku bunga simpanan terhadap jumlah
deposito pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Liwa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat suku bunga simpanan terhadap jumlah deposito pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Liwa. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah data penerimaan dana deposito pada tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui metode kepustakaan dan pengumpulan data melalui studi lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 17,0. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nasabah lebih dominan memilih suku bunga yang berjangka 1 bulan. Tingkat suku bunga simpanan antara jangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan,dan 12 bulan terdapat selisih yang sangat rendah. . Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat suku bunga simpanan terhadap jumlah deposito pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Liwa diterima, karena dilihat pada laporan tingkat suku bunga deposito nasabah lebih dominan memilih tingkat suku bunga yang lebih rendah dan sebaliknya pada tingkat suku bunga yang lebih tinggi Bank Rakyat Indonesia Cabang Liwa menghimpun dana yang lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah deposito tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat suku bunga tetapi deposito dapat juga dipengaruhi oleh jangka waktu. Berdasarkan kesimpulan maka penulis menyarankan agar Bank Rakyat Indonesia menawarkan tingkat suku bunga yang jauh lebih tinggi untuk deposito yang berjangka lebih lama.


Keywords


Suku Bunga; Simpanan; Deposito

Full Text:

PDF

References


Ardiyos. 2008. Kamus Besar Akuntansi. Jakarta: Citra Harta Prima.

Bara’padang, Melky. 2008. Analisis Pengaruh Tingkat suku bunga Deposito Terhadap Jumlah Deposito Pada PT. Bank Niaga Tbk Makasar. Skripsi. Universitas Hassanuddin Makassar.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Bogor : Ghalia Indonesia. Iskandar, Syamsu. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : IN

media.

Ismail. 2010. Akuntansi Bank. Surabaya : kencana, prenada media group.

Juddiseno, Rimsky. 2004. Perpajakan. Jakarta: Edisi Revisi, Gramedia Pustaka Utama. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Edisi keempat, Gramedia Pustaka Utama. Kasmir. 2012. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Rajawali Pers. 102-158.

Miller, RL dan Vanhoose, Sawaldjo, Puspopranoto. 2004. Keuangan Perbankan dan Pasar

Keuangan. Jakarta : LP3ES Indonesia

Pohan, Aulia. 2008. Kerangka Kebijakan Moneter dan Implikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada.

Restyono, Ahmad Bagas. 2011. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Jumlah Dana Deposito Berjangka Pada PT. Bank SulSelBar Cabang Utama Makassar. Skripsi. Universitas Hassanuddin Makassar.

Sanusi, Anwar. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

-132.

Sunariyah. 2004. Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta: Edisi keempat, UPP AMP YPKN. Tandeliin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen dan Portofolio. Yogyakarta:

Edisi Pertama Cetakan Pertama, BPFE.

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Undang-Undang. Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7

Tahun 1992 tentang Perbankan. Pasal 1 Ayat (2).

Indrayenti & Susanti.2015.Pengaruh Tingkat Suku Bunga Simpanan Terhadap Jumlah Deposito pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Liwa: Universitas Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v6i1.567