Analisis Penerapan Metode Pengakuan Pendapatan Terhadap Laba Perusahaan Pada PT. Coca Cola Distribusi Indonesia (Cabang Tanjung Karang)
Abstract
Penjualan merupakan kegiatan yang menghasilkan pendapatan. Dimana pendapatan
tersebut merupakan salah satu sumber kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan. PT. Coca-cola Distribusi Indonesia Tanjung Karang yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribution minuman ringan yang mempunyai kegiatan mendistribusikan minuman ringan yang pemasarannya meliputi wilayah Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara. PT. Coca-cola Distribution Cabang Tanjung Karang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan minuman ringan baik secara Tunai maupun kredit. Adapun yang menjadi permasalahan yaitu apakah metode pengakuan pendapatan yang digunakan oleh perusahaan mempengaruhi Laba dan bagaimana pengaruhnya terhadap Laporan Laba Rugi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi terhadap pendapatan terhadap laporan laba rugi yang diterapkan oleh perusahaan, dan sesuai dengan kriteria dan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Teori Akuntansi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Baridwan,Zaki. 1997. Intermediate Accounting. Edisi 7. Yogyakarta: BPFE.
Ikatan Akuntansi Indonesia.2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat. Jakarta.
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta. Firdaus, Juanda, 2001, Analisis Metode Pengakuan Pendapatan dalam Hubungan dengan
Laporan Laba Rugi. Skripsi Universitas Bandar Lampung, Lampung. Hendrikson, Eldon S. 1997. Teori Akuntansi . Edisi ke-4 Penerbit Erlangga. Jakarta. Undang-Undang RI No. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Undang-Undang RI No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Wiyono, Gendro. 2011. Merancang Penelitian Bisnis. UPP STIM YKPN.Yogyakarta.
Soedarsa, Herry Goenawan & Pandelima, Surya.2015. Analisis Penerapan Metode Pengakuan Pendapatan Terhadap Laba Perusahaan Pada PT. Coca Cola Distribusi Indonesia (Cabang Tanjung Karang): Universitas Bandar Lampung
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v6i1.566