Determinan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Membuat Aplikasi Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa jurusan akuntansi dalam membuat aplikasi akuntansi. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat akhir Program Studi Akuntansi Manajemen dan Akuntansi, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan sampel yang digunakan sejumlah 148 responden. Analisis data menggunakan (SEM) Structural Equation Model menggunakan program aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah aplikasi komputer bisnis, literasi digital, norma subjektif dan motivasi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam membuat aplikasi akuntansi.
Full Text:
PDFReferences
Adi, F., Sumarwan, U., & Fahmi, I. (2017). The Influence of Attitude, Subjective Norm, Demography, Sosioeconomic and Shariah and Conventional Financial Literacy Toward Entrepreneurship Intention Among College Students. Jurnal Al-Muzara’ah, 5(1), 1–20.
Binalay, A. G., Mandey, S. L., & Mintardjo, C. M. O. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal EMBA, 395(1), 395–406.
Cheung, R., & Vogel, D. (2012). Predicting User Acceptance Of Collaborative Technologies: An Extension Of The Technology Acceptance Model For E-Learning. University Of South Australia, 63, 160–175.
Dewi, R. R., & Hadi, S. (2019). Transformasi Model Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan dengan Brainstorming dan Pengalaman Belajar Langsung Bagi Mahasiswa. Reserch Fair Unisiri, 3(1), 476– 487.
Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1
Ena, Z., & Djami, S. H. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Among Makarti, 13(2), 68–77.
Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H. Z., & Ibrahim. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 880–891.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Universitas Diponegoro.
Hadi, D. K., & Rizkina, F. D. (2022). Pendidikan Teknopreneur Mahasiswa: Literatur Review. Jurnal Penelitian Ipteks, 7(2), 110–118.
Hermina, U. N., Novieyana, S., & Zain, D. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2).
Hidayah, T. D. N., Susayanti, J., & Mustapita. Arini Fitria. (2022). Pengaruh Motivasi, Kreativitas dan Mata Kuliah Startup Terhadap Minat Mahasiswa Membangun Startup (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 11(6), 99–111. www.fe.unisma.ac.id
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset.
Law, N., Woo, D., Torre, J. de la, & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. UNESCO Institute for Statistics, 51.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Jurnal Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Paranoan, N., Tandirerung, C. J., & Paranoan, A. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1), 181–196.
Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi (2022).
Prihatini, P. A. (2020). Pengaruh motivasi, efektivitas pembelajaran mata kuliah perpajakan dan kesempatan kerja di bidang perpajakan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir di bidang perpajakan. Proceeding National Conference on Accounting & Fraud Auditing, 2(1).
Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat
Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica, 1(1), 89–97.
Ratnasari, N. W. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Software Akuntansi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(1).
Riyadi, S., & Rismawandi, R. (2016). Motivasi, Pengetahuan Akuntansi Dan Penerapan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Wilayah Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 80–95.
Rusmawan, U., & Saputra, R. S. (2016). Sistem Komputerisasi Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil Dan
Menengah Menggunakan VB.Net. BINA INSANI ICT JOURNAL, 3(2), 291–306.
Santoso, S., & Oetomo, B. S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Membuka Start-Up Business Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Bagi Civitas Akademika UKDW, 1, 214–227. http://louisdavidaror.blogspot.com,
Sathapornvajana, S., & Watanapa, B. (2012). Factors affecting student’s intention to choose IT program. Procedia Computer Science, 13, 60–67. https://doi.org/10.1016/j.procs.2012.09.114
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Conference Series Journal, 1(1).
Susanto, L., Yanti, Viriany, & Henny Wirianata. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uskad. Jurnal Bina Akuntansi, 7(2), 124–141. www.iaiglobal.or.id
Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1), 2721–8287. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038
Zhang, Y., Duysters, G., & Cloodt, M. (2014). The Role of Entrepreneurship Education as a Predictor of University Students’ Entrepreneurial Intention. International Entrepreneurship and Management Journal, 10(3), 623–641. https://doi.org/10.1007/s11365-012-0246
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v15i2.3962
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.