Determinan Keputusan Menabung Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Liwa Lampung Barat

Agus Kurniawan, Gustika Nurmalia

Abstract


Perkembangan Bank Syariah yang didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Namun, kurangnya ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional dalam bidang tersebut belum dapat diatasi dengan segera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reputasi dan inovasi produk tabungan terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah di Liwa Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode secara kuantitatif. Dilihat dari sifatnya penelitian ini bersifat asosiatif. Sumber data menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang dimaksud adalah jumlah nasabah Bank Syariah di Liwa Lampung Barat yang berjumlah 1.243 orang. jumlah sampel untuk nasabah Bank Syariah di Liwa Lampung Barat adalah 96 responden. Analisis data menggunakan Regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi mempunyai nilai koefisien sebesar 0,641 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah di Liwa Lampung Barat. Variabel kemudahan mempunyai nilai koefisien sebesar 0,734 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah di Liwa Lampung Barat. Variabel inovasi produk mempunyai nilai koefisien sebesar 0,838 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah di Liwa Lampung Barat. Hasil uji F di atas, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh reputasi dan inovasi produk tabungan terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah di Liwa Lampung Barat

Keywords


Reputasi, kemudahan, Inovasi produk, Tabungan dan Keputusan Menabung.

Full Text:

Untitled

References


Afnil Guza, SS, Undang-Undang Perbankan Syariah UU RI No.21 Tahun 2008, (Jakarta: Asa Mandiri, 2008), h 5.

Ahmad Ifham Sholihin, Pedoman Umum Lembaga Kuangan Syariah, (Jakarta: PT Gramedia, 2010), h.2-3

Albert Kurniawan, Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2014), h. 158

Ayun Sekar Widowati,”Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Reputasi Bank, Dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah” Jurnal Nominal/Volume Vii Nomor 2 / Tahun 2018

Bambang Rianto Rustam, Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia, (Jakarta: Salemba Empat, 2013).

Cholid Narbuko, Abu Achmadi, Metodologi Penelitian (cet XIII) (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013), h. 70.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan (Jakarta: CV J-Art, 2004), h. 45

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Edisi Keempat, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011, h. 58

http://googleweblight.com/detail-berita-artikel/kenapa-kuliah-perbankan-syariah diakses 15 Desember 2022 Pukul 11.30 WIB.

https://www.syariahmandiri.co.id/2012/bank syariah tumbuh pesat dilampung/diakses 15 Desember 2022 Pukul 11.30 WIB.

Kasmir, Manajemen Perbankan Edisi Revisi 9, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010), h. 1372.

Moh. Prabundu Tika, Metodelogi Riset Bisnis, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), h. 10.

Muhammad Arief Firmansyah Syarifuddin, “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Makassar”, Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, 2020.

Novian Ekawaty, “Dampak Inovasi Produk dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Menabung (Survei pada Nasabah Bank Muamalat Karawang)”, Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 7, No. 1 (2020) Maret, h. 11.

Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen Edisi Revisi cetakan ke 5, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013), h. 322

Philip kotler, A.B.Susanto, Manajemen pemasaran di Indonesia, (Jakarta: Salemba Empat, 2001, h.560.

Rofifah Mau’idzah Hasanah, “Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking”, Skripsi, (Jakarta: 2015, Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, 2015), h. 24.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung : Alfabeta, 2016), h. 8.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014), h. 225.

Sutan Remy Sjahdeini, Perbankan Syariah produk-produk dan Aspek hukumnya, (Jakarta: Kencana, 2014), h. 97.

V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian-Bisnis & Ekonomi, (Yogyakarta:Pustaka Baru Press,2015), h. 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v15i1.3637

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.