Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bandar Lampung

Ni Putu Widhia Rahayu, Tia Tanjung

Abstract


UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah sektor ekonomi penting di Indonesia karena memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan ekonomi nasional dan penciptaan lapangan kerja. Namun, mayoritas pelaku UMKM mengalami kendala dalam mengembangkan bisnis, seperti kurang proaktif, tidak peka dalam melihat peluang bisnis, minimnya keterampilan manajerial dan teknologi, tidak melakukan inovasi produk, dan kekurangan modal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemasaran kewirausahaan, organisasi, dan lingkungan terhadap kinerja UMKM, serta ingin mengetahui peran moderasi UMKM dalam mempengaruhi pemasaran kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu 1) Mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM, 2) Merumuskan 6 hipotesis dalam penelitian ini yang sejalan dengan tujuan penelitian, 3) Mencari literatur yang berasal dari artikel yang terkait dengan variabel pemasaran kewirausahaan, organisasi, dan lingkungan terhadap kinerja UMKM, 4) Membuat kerangka konseptual penelitian yang bersumber dari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan kinerja UMKM, selanjutnya mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner, dan memilih sampel penelitian yaitu pelaku UMKM di Bandar Lampung sebanyak 399 responden, 5) Mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan metode statistik dengan alat analisis SEM Lisrel Student 8.8, 6) Mendeskripsikan hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan, 7) Menyelesaikan laporan penelitian.

Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu semua hipotesis didukung oleh data hasil penelitian dengan temuan bahwa pemasaran kewirausahaan, organisasi, dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, artinya hipotesis 1, hipotesis 2, dan hipotesis 3 didukung. Selanjutnya, terdapat pengaruh variabel moderasi kelompok usaha mikro, kelompok usaha kecil, dan kelompok usaha menengah dalam efek pemasaran kewirausahaan, organisasi, dan lingkungan terhadap kinerja UMKM. Jadi hipotesis 6, hipotesis 7, dan hipotesis 8 dalam penelitian ini didukung.


Keywords


Kinerja UMKM, Lingkungan, Organisasi, Pemasaran Kewirausahaan, Pendekatan Multigrup.

Full Text:

PDF

References


OJK Institute. Sambut Era Society 5.0, Angela Tanoesoedibjo: Generasi Muda Harus Pacu Kemampuan Digital Natives. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/news/read/1060/ sambut-era-society-5-0-angela-tanoesoedibjo-generasi-muda-harus-pacu-kemampuan-digital-natives.2023.

Whalen, P., Uslay, C., Pascal, V. J., Omura, G., McAuley, A., Kasouf, C. J., & Gilmore, A. Anatomy Of Competitive Advantage: Towards A Contingency Theory Of Entrepreneurial Marketing. Journal of Strategic Marketing. 2016. 24(1), 5–19.

Baker, William E & Sinkula, James M. The Complementary Effects of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation on Profitability in Small Businesses. Journal of Small Business Management. 2009. 47(4), 443–464.

Becherer, R.C., Helms, M.M., & McDonald, J.P. The Effect Of Entrepreneurial Marketing On Outcome Goals In SMEs. New England Journal of Entrepreneurship. 2012. 15(1/2), 1–7.

Otieno, S., Bwisa, H. M., & Kihoro, J. M. Influence Of Strategic Orientation On Performance Of Kenya's Manufacturing Firms Operating Under East African Regional Integration. International Journal of Business and Social Science. 2012. 3(5), 27–36.

Hamali, S. The Effect Of Entrepreneurial Marketing On Business Performance: Small Garment Industry In Bandung City, Indonesia. 2015.

Morris, M. H., Schindehutte, M., & LaForge, R. W. Entrepreneurial Marketing: A Construct For Integrating Emerging Entrepreneurship And Marketing Perspectives. Journal of Marketing Theory and Practice. 2002. 10(4), 1–19.

Qalati, S.A., Yuan, L.W., Khan, M.A.S., Anwar, F. A Mediated Model On The Adoption Of Social Media And SMEs’ Performance In Developing Countries. Technology in Society. 2021. 64. 101513.

Venkatraman, N., & Ramanujam, V. Measurement Of Business Performance In Strategy Research: A comparison Of Approaches. Academy of Management Review. 1986. 11(4), 801–814.

Best, Roger J. Market-Based Management: Strategy for Growing Customer Value and Profitability, New Jersey : Pearson Education Inc. 2009.

Olannye, A. P., & Edward, E. The Dimension Of Entrepreneurial Marketing On The Performance Of Fast Food Restaurants In Asaba, Delta State, Nigeria. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences (JETEMS). 2016. 7(3), 137–146.

Mugambi, E. N., & Karugu, W. N. Effect Of Entrepreneurial Marketing On Performance Of Real Estate Enterprises: A Case Of Optiven Limited In Nairobi, Kenya. International Academic Journal of Innovation, Leadership and Entrepreneurship. 2017. 2(1), 46–70.

Rashad, N. M. The Impact Of Entrepreneurial Marketing Dimensions On The Organizational Performance Within Saudi SMEs. Eurasian Journal of Business and Management. 2018. 6(3), 61–71.

Dushi, N.S., Dana, L.P., Ramadania, V. Entrepreneurial Marketing Dimensions And SMEs Performance. Journal of Business Research. 2019. 100. 86-99.

Miles, M. P., & Darroch, J. (2006). Large firms, entrepreneurial marketing processes, and the cycle of competitive advantage. European Journal of Marketing, 40(5/6), 485–501.

Kurgun, H., Bagiran, D., Ozeren, E., & Maral, B. (2011). Entrepreneurial marketing: Theinterface between marketing and entrepreneurship. European Journal of Social Sciences, 26(3), 340–357.

Hacioglu, G., Eren, S. S., Eren, M. S., & Celikkan, H. (2012). The effect of entrepreneurialmarketing on firms' innovative performance in Turkish SMEs. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 58, 871–878.

Morrish, S. C., & Deacon, J. H. (2012). A tale of two spirits: Entrepreneurial marketing at 42 Below vodka and Penderyn whisky. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 24(1), 113–124.

Rezvani, M., & Khazaei, M. (2014). Evaluation of entrepreneurial marketing dimensions according to characteristics of institutions: Institutions age and size. International Journal of Basic Sciences and Applied Research, 3(4), 207–213.

Hamali, S., Suryana, Y., Effendi, N., & Azis, Y. (2016). Influence of entrepreneurial marketing toward innovation and its impact on business performance: A survey on small Industries of Wearing Apparel in West Java, Indonesia.

Erlina F. Santika. Jumlah UMKM di Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Provinsi Mana Terbanyak.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/02/jumlah-umkm-di-indonesia-sepanjang-2022-provinsi-mana-terbanyak. 2022.

Hair Jr, Joseph F, Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. Multivariate Data Analysis.2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v14i2.3311

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.