Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan

Maristiana Ayu, Niar Azriya, Rici Oviana

Abstract


CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Melalui undang-undang ini, industri atau perusahaan wajib untuk melaksanakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan uraian latar belakang, permasalahan dan kerangka pemikiran maka hipotesis yang dirumuskan oleh penulis adalah CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian dilaksanakan dengan jenis deskriptif kuantitatif dan metode analisis data dengan menggunakan pendekatan regresi linier sederhana. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Corporate Social Responcibility (CSR) yang telah diukur menggunakan teori Global Reporting Initiative secara statis berpengaruh singnifikan terhadap Nilai Perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif, dengan populasi sebanyak 36 perusahaan, dan sampel sebanyak 12 perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling.


Keywords


CSR (Corporate Social Responbility), Nilai Perusahaan, GRI

Full Text:

PDF

References


__________. 2007. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Akbar, Rifani Sulbahri. 2021. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16, No.2. Politeknik Negeri Padang

Alnggralini, F. 2006. Pelngungkalpaln Informalsi Sosiall daln Falktor-Falktor yalng Melmpelngalruhi Pelngungkalpaln Informalsi Sosialll dallalm Lalporaln Kelualngaln Talhunaln (Studi Elmpiris paldal Pelrusalhalaln yalng Telrdalftalr di BElI). Simposium Nalsionall AlkutalnsiIX.

Bralmalntyal Aldhi Calhyal, 2010. Alnallisis Pelngalruh Kinelrjal Kelualngaln Telrhaldalp Talnggung Jalwalb Sosiall Pelrusalhalaln (Corporaltel Sociall Relsponsibility). Skripsi. Univelrsitals Diponelgoro.

Brigham, E F., dan Houston, J F., 2013, Dasar-dasar manajemen keuangan, edisi kesebelas, salemba empat, Jakarta

Darmadji, T dan H. M. Fakhruddin. 2012. Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3, Salemba Empat. Jakarta.

Hidayati, Raden Rara Nur Diana, Purwanto. 2008. Pola Program-program Corporate Social Responsibility (CSR) :: Studi kasus pada PT. Unilever ndonesia, Tbk; PT. Sari Husada; PT. Astra Internasional, Tbk; dan PT. Aneka Tambang, Tbk. Tesis. Universitas Gadjah Mada

Hill, Ronalld P., Alinscough, Thomals, Shalnk, Todd alnd Malnullalng, D. 2007. Corporaltel Sociall Relsponsibility alnd Socialll Relsponsiblel Invelsting: Globall Pelrspelctivel. Journall of Businelss Elthics, 70, 165-174.

Rahayu, Alviya, Rachma Agustina. 2022. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dan Volume Perdagangan Saham (Studi pada Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). JFAS: Journal of Finance and Accounting Studies.

Riyanta, Desita Mitra Karina, Iwan Setiadi.2020. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, Vol 6 No.1

Suhalril, Michelll. 2006. Study Elmpiris Telrhaldalp Falktor yalng melmpelngalruhi Nilali Pelrusalhalaln paldal Pelrusalhalaln paldal Pelrusalhalaln Go Publik di Indonelsial. Dallalm Jurnall Malnaljelmeln daln Kelwiralusalhalaln. Vol.9. No. 1. Malrelt: 41-48

Wahyudi, Untung, dan Hartini P. Pawestri. 2006. Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. SNA IX, Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v14i2.3306

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.