Analisis Perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) Dan Pengaruhnya Terhadap Pengendalian Persediaan Barang Dagangan Studi kasus Pada PT. Bumi Jaya di Natar

Afrizal Nilwan, Yunita Sofyandy, Goenawan GOENAWAN

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah perusahaan dapat menentukan perencanaan dan pengawasan persediaan barang dagangan agar mencapai penjualan yang optimal sesuai dengan tujuan perusahaan. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran kepada PT. Bumi Jaya dalam melaksanakan kebijakan persediaan barang dagangan. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dapat menentukan persediaan barang dagangan yang optimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan metode EOQ. Hasil analisis kuantitatif yaitu dengan perhitungan EOQ menghasilkan kuantitas pembelian optimal yang harus dilakukan perusahaan adalah sebanyak 3.132 dus pada setiap kali pesan dengan frekuensi pembelian sebanyak 8 kali dalam satu periode dan total biaya persediaan sebesar Rp 37.446.500. Ini berarti bahwa biaya persediaan barang dagangan menurut perhitungan EOQ lebih kecil sebesar RP 11.761.000 dibandingkan dengan total biaya menurut perusahaan adalah Rp 49.207.500.

Keywords


economic order quantity

Full Text:

PDF PDF

References


Agus Ahyari, 2002. Pengendalian Produksi Jilid 1, Edisi Keempat, BPFE Yogyakarta. Agus Ahyari, 2001. Esisiensi Persediaan Bahan, Penerbit BPFE Yogyakarta.

Bambang Riyanto, 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Badan Penerbit Gajah Mada Yogyakarta.

H. A. Harding, 2002. Manajemen Produksi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

J. Fred Weston, 2001 Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Diterjemahkan oleh A.Q Kahalid, Penerbit Erlangga, Jakarta.

J. Suprapta, 2001. Statistik Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

K. Harsono, 2002. Manajemen Pabrik, Penerbit Balai Aksara, Jakarta.

M. Manullang, 2000. Pokok-pokok Pembelanjaan Perusahaan, Penerbit Liberty, Jakarta. Pangestu Subagyo, Marwan Asri, dan Indriyo Gito Sudarmo, 2002. Dasar-dasar Operation Research, Edisi Kedua, BPFE Yogyakarta.

Sofyan Assauri, 2001. Manajemen Produksi, Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

T. Hani Handoko, 2001. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, penerbit BPFE Yogyakarta.

Nilwan, Afrizal, 2011.nalisis Perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) Dan Pengaruhnya Terhadap Pengendalian Persediaan Barang Dagangan Studi kasus Pada PT. Bumi Jaya di Natar. Universitas Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v2i2.215