Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard Periode 2013-2014 (Studi Kasus Pada Hotel Sahid Bandar Lampung).
Abstract
This research aims to meansure the performance of Sahid Hotel using the balanced scorecard method with four perspectives in balanced scorecard measurement. The four perspectives of balanced scorecard are financial perspective, customer perspective, internal business perspective, and learning and growth perspective. This research using data during two periods 2013-2014. The result of this research using balanced scorecard such as financial perspective, customer perspective, and learning and growth perspective show quite less, but to internal business show quite good. From four perspective of balanced scorecard method, over all performance of Sahid Hotel is less.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anthony, Govindarajan. 2003. Management Control System. Jakarta, Salemba Empat.
Christina, Ni Putu Yessy dan Sudana, I Putu. 2013. Penilaian Kinerja PT. ADHI KARYA dengan Pendekatan Blanced Scorecard. Jurnal. FEB Universitas Udayana.
Drucker, P.2002. The Practice of Management, New York : Harper Collins.
Gaspersz, Vincent. 2006. Sistem Pengukuran Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Pemerintah, Jakarta : Gramedia Pustaka.
Ghozali, Imam. 2006. Statistika Nonparametik. Semarang: Penerbit UNDIP
Kaplan R.S & Norton D.P, 2000. Balanced Scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Erlangga, Jakarta.
Kaplan R.S & Norton D.P. 1996. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Balanced Scorecard. Terjemahaan Peter R. Yosi. 2000. Erlangga: Jakarta.
Kaplan R.S & Norton D.P.1993. Putting The Balanced Scorecard to Work, Harvard Businees Review. Terjemahaan Peter R.Yosi. Erlangga : Jakarta.
Kountur, Ronny. 2007. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, edisi revisi. Jakarta : Penerbit PPM.
Luis & Biromo. Balanced Scorecard. Step by Step in Cascandins Balanced Scorecard to Functional Scorecard. Terjemahan. Cetakan Ke3. Jakarta. Gramedia.
Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi.
Mulyadi dan Jhony Setiawan. 2002. Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.
Mulyadi, Jhony Setiawan. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta : Andi Offset.
Mulyadi.2001. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jakarta : Salemba Empat.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Novriansyah, Dedy. 2014. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Graha Husada Bandar Lampung dengan Menggunakan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Penilaian Kinerja. Jurnal. FEB Universitas Lampung.
Nurlaila. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Lepkhair.
Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta :BPFE.
Rivai & Basri. 2005. Performance Appraisal : Sistem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Persada Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta :PT Raja Grafindo.
Riyanto, Bambang. 2012. Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi ke-4. Yogyakarta:BPFE.
Robbins, Stephen P. 2006. Prilaku Organisasi. PT Indeks, Gramedia. Jakarta.
Soejipto, Budi W.1997. Mengukur Kinerja Bisnis dengan Balanced Scorecard. Usahawan, no.6.
Widayanto, Gatot.1993. “Suatu Terobosan dalam Penguku Kinerja Perusahaan.” Usahawan, no. 12.
Yuwono, Sony, et al. Balanced Scorecard. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi Yang Berfokus pada Strategi. Cetakan Keempat. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v9i2.1088