Kajian Genius Loci Pada Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang

Wiwik Dwi Susanti, Dyan Agustin, Fairuz Mutia

Abstract


Kampoeng heritage Kajoetangan merupakan salah satu kampoeng tematik di kota Malang. Kampoeng heritage Kajoetangan lebih ditonjolkan pada aspek kesejarahan, dimana kampoeng ini memiliki peranan penting dalam perkembangan Kota Malang pada masa kolonial Belanda. Sehingga pada saat ini masih banyak ditemukan rumah-rumah yang memiliki langgam kolonial dan jengki. Pada tahun 2018 Pemkot Kota Malang mencanangkan kampoeng tersebut menjadi kampoeng wisata yang lebih menonjolkan karakter kesejarahannya. Dalam penelitiain ini berusaha untuk mengupas potensi genius loci yang tidak hanya pada aspek kesejarahan. Kesimpulan dari penelitian ditemukan bahwa genius loci di kampoeng Kajoetangan meliputi aspek tangible, intangible dan makna. Sehingga makna kampoeng Kajoetangan tidak hanya menonjol dari aspek kesejarahan tetapi karakter kampoeng kota juga menonjol aspek ekonomi, social dan budaya menjadi bagian yang menarik untuk dikembangkan juga.pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan Genius Loci sebagai parameter dalam analisa data.


Keywords


kampoeng Heritage Kajoetangan; Genius Loci; tangible; intangible; makna

Full Text:

PDF

References


Ekomadyo, Agus S. (2018). Menelusuri Genius Loci Pasar Tradisional sebagai Ruang Sosial Urban di Nusantara Proseding Seminar Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 2018 E-ISBN 978-602-8355-70-4.

Fathony, Budi. dkk. (2019). Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Di Kawasan Kajoetangan Kelurahan Kauman Kota Malang Studi Kasus Di Kampoeng Kajoetangan, Kota Malang. Proseding Seminar Nasional Infrastruktur Berkelanjutan 2019 Era Revolusi Industri 4.0 Teknik Sipil dan Perencanaan

Gultom, Bontor Jumaylinda Br, Saskia Oktrifani Sinaga. (2018). Identifikasi Genius Loci “Spirit Of Place” Kawasan Jl. Sultan Muhammad, Pontianak. Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Khakim, Moch. Nurfahrul Lukmanul, dkk. (2019). Urgensi Pengelolaan Pariwisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No.1, 2019, ISSN 2503-5307.

Khakim, Moch. Nurfahrul Lukmanul. (2019). Pengumpulan data lapangan di Kampoeng Heritage Kajoetangen.

Norberg-Schulz, Christian. (1980). Genius Loci: Towards A Phenomenology of Architecture. New York : Rizzoli

Tibbalds, Francis. (2001). Making People Friendly Towns: Improving the Publik Environment in Town and Cities, London, Spon Press.

Wulandari, Lisa Dwi. (2012) Karakter Lokal Lansekap Perkotaan Di Kota Malang Seminar Nasional SCAN#3

Widodo, Dukut Imam, dkk. (2006). Malang Tempo Doeloe Djilid Satoe. Malang: Bayoemedia




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v10i2.1448

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License