Analisis Pengaruh Variasi Pegas dan Roller terhadap Akselerasi Honda Beat PGM-FI

Harjono Saputro, Vio Al Azmi, Riza Muhida, Muhammad Riza, Indra Surya, Zein Muhamad, Bambang Pratowo, Kunarto Kunarto, Mulyana Mulyana

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi pegas dan roller pada sistem CVT terhadap akselerasi sepeda motor Honda Beat PGM-FI. Modifikasi dilakukan dengan mengganti roller standar 12 gram dengan roller balap 9 gram, serta melakukan pengujian pada berbagai ukuran pitch pegas (26,7 mm dan 27,3 mm) menggunakan bahan bakar Pertamax. Pengujian dilakukan menggunakan dynamometer untuk mengukur daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa roller 9 gram menghasilkan daya tertinggi pada putaran mesin 7300 rpm dengan pitch pegas 27,3 mm, sementara roller 12 gram memberikan torsi maksimal pada 6006 rpm dengan pitch pegas 26,7 mm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variasi berat roller dan pitch pegas memiliki pengaruh signifikan terhadap akselerasi, di mana roller yang lebih ringan memberikan percepatan awal yang lebih baik, sedangkan roller yang lebih berat menghasilkan stabilitas pada kecepatan menengah hingga tinggi. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi peningkatan performa sepeda motor melalui pengaturan CVT yang optimal

Keywords


CVT, akselerasi, roller, pegas, Honda Beat PGM-FI

Full Text:

PDF

References


H. T. Marjoram, Automotive Mechanics, 10th ed. New York: Pear-son Education, 2015.

R. Stone and J. K. Ball, Automotive Engineering Fundamentals, 2nd ed. Warrendale, PA: SAE International, 2014.

R. C. Hibbeler, Engineering Mechanics: Dynamics, 14th ed. New York: Pearson, 2015.

D. A. Crolla, Automotive Engineering: Powertrain, Chassis System, and Vehicle Body, New York: Wiley, 2012.

W. Bolton, Mechatronics: Electronic Control Systems in Mechani-cal and Electrical Engineering, 6th ed. London: Pearson, 2015.

A. K. Babu, Automobile Engineering, 2nd ed. New Delhi: Khanna Publishers, 2018.

J. E. Shigley and R. G. Budynas, Shigley's Mechanical Engineering Design, 10th ed. New York: McGraw-Hill, 2015.

H. Heisler, Advanced Engine Technology, London: Butterworth-Heinemann, 1995.

T. D. Gillespie, Fundamentals of Vehicle Dynamics, Warrendale, PA: SAE International, 1992.

S. R. Schmid and B. J. Hamrock, Mechanics of Machines, 2nd ed. New York: CRC Press, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • Focus and Scope
  • Editorial Board
  • International Peer Review
  • Open Access Statement
  • Sponsorships
  • Contact Us
  • Google Scholar Most Cited Paper
  • Publication Ethics
  • Peer Review Policy
  • Review Guideline
  • Archiving
  • Author Guidelines
  • Online Submission
  • Author Fee / Article Publication Charge
  • Plagiarism Policy
  • Article withdrawal
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
p-ISSN: 2087-3832  e-ISSN : 3089-1965
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/JTM
Email: jurnalteknikmesin@ubl.ac.id
Published by: Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 26, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub