PENGARUH FRAKSI VOLUME KOMPOSIT SERAT AMPAS TEBU TERHADAP KEKUATAN BENDING DAN KEKUATAN IMPACT BERMATRIK POLYESTERPENGARUH FRAKSI VOLUME KOMPOSIT SERAT AMPAS TEBU TERHADAP KEKUATAN BENDING DAN KEKUATAN IMPACT BERMATRIK POLYESTER

Indra Surya, Erki Gusnawan

Abstract


Perkembangan material komposit dalam bidang rekayasa semakin banyak digunakan. Hal ini dikarenakan sifat–sifatnya yang unggul dibandingkan dengan bahan konvensional, seperti rasio antara kekuatan dan densitisnya cukup tinggi, kaku,proses pembuatannya sangat sederhana serta tahan terhadap korosi dan beban lelah. Komposit perpenguat serat alam dinilai lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan bahan material seperti, alumunium, baja dan bahan logam lainnya. Penelitian komposit berpenguat serat ampas tebu ini dibuat dengan metode hand lay up dan disusun secara acak, metode ini dipilih karena prosesnya yang sederhana dan cukup mudah dilakukan. Komposit ini dibuat dengan beberapa variasi campuran baik dari panjang serat ( 2 Cm, 4 Cm dan 6 Cm ) serta fraksi volume serat yang digunakan ( 5%, 10% dan 15% ) dan matrik yang digunakan adalah jenis polimer, yaitu resin Polyester. hal ini dilakukan untuk mengetahui di variasi manakah hasil yang paling baik diperoleh. Dari beberapa variasi diatas akan kita liat sejauh manakah akan mempengaruhi sifat mekanik pada komposit baik kekuatan bending dan kekuatan impact.Dari hasil pengujian diperoleh data dengan harga impact tertinggi terdapar pada komposit dengan panjang serat 4 Cm dan fraksi volume serat 10 % yaitu sebesar ( 1.4 joule/mm2 ), dan untuk kekuatan bending tertinggi terdapat pada komposit yang sama yaitu dengan panjang serat 4 Cm dan fraksi volume 10% sebesar (Max Force 198,2 Newton), (Compression Stregth 0,99 N/ mm2) dan Elongation sebesar (1,82%). Dari hasil ini dapat di simpulkan bahwa semakin panjang serat dan semakin banyak serat yang digunakan maka kekuatan komposit akan semakin meningkat akan tetapi jika serat yang digunakan terlalu panjang dan terlalu banyak tanpa di imbangi dengan perbandigan matrik yang sesuai maka kekuatannya pun juga akan menurun.

Keywords


Komposit; serat; polyester; pengujian bending & impact.

Full Text:

PDF

References


Bondan T. Sofyan, 2011. Pengantar material teknik. Jakarta : Salemba teknika.

H. Lawrence, Van Vlack. 1992. Ilmu dan Teknologi Bahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Harini & Sri Endah Susilo Wati, 2017. Pengaruh Kekuatan Bending Dan Tarik Bahan Komposit Berpenguat Sekam Padi Bermatrik Urea Formaldihide.Jurnal Ilmiah WIDYA Eksata, Vol. 1 No. 1 Juli 2017.

Auliya Rahman, Moh. Farid & Hosta Ardhyanata, 2016. Pengaruh Komposisi Material Komposit Dengan Matriks Polypropylene Berpenguat Serat Alam Terhadap Marfologi Dan Kekuatan Sifat Fisik.Jurnal Teknik Universitas Teknologi Sepuluh November, Vol. 5, No. 2, (2016).

Muhamad Muhajid, Muhammad Alfian Mizar & Dwi Agus Sudjimat, 2016. Analasis Kekuatan Tarik Komposit Matriks Resin Berpenguat Serat Alam Dengan Berbagai Varian Tata Letak,Universitas Negeri Malang : Jurnal Teknik Mesin, Tahun 24, No. 2, Oktober 2016.

Gibson, 1994. Principle Of Composite Material Mechanics. New York: Mc Graw Hill,Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.