ANALISA TEMPERATUR PADA HEATER NOZZLE DENGAN VARIASI NOZZLE TERHADAP HASIL PRODUK PRINTER 3D MENGGUNAKAN FILAMENT PLA

Kunarto Kunarto, Achmad Agung Pratama

Abstract


Rapid Prototyping adalah sebuah teknologi yang terkait dengan benda-benda CAD. Metode ini dapat menghasilkan objek dengan cara menumpuk bahan secara lapis demi lapis. Pencetakan 3D bisa memberi penghematan besar pada biaya perakitan karena bisa mencetak produk yang sudah dirakit. Secara istilah 3D printing ialah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga dapat dipegang dan memiliki volume.

Pada proses penelitian ini menggunakan bahan filamen Polylactic Acid (PLA), kemudian dicetak . setelah semua spesimen pengujian selesai dicetak, semua spesimen di ukur dimensinya untuk mengetahui apakah dimensi stelah dicetak dan sebelum dicetak sesuai dengan design. Untuk pencetakan spesimen uji kekerasan dicetak dengan menggunakan tiga (3) variasi suhu yaitu 200 , 210  dan 220  dan tiga (3) variasi ukuran nozzle yaitu 0.3mm, 0.4 mm, dan 0.5 mm.

Dari penelitian yang sudah di lakukan dimensi hasil cetakan dan design tidak sesuai, hal ini dikarenakan terjadinya defleksi pada saat proses pencetakan. Untuk hasil uji kekerasan suhu terbaik yang memiliki nilai uji kekerasan paling tinggi adalah suhu 220 . Untuk uji kekerasan dari variasi suhu dan varasi nozzle hasil yang didapat berbeda-beda, karena data yag berbeda-beda ini tidak tergantung pada suhu dan pada nozzle saja tetapi juga tergantung dari kepadatan spesimen saat dicetak.


Keywords


Printer 3D; Analis Temperature;Variasi Nozzle.

Full Text:

PDF

References


Donny Sulayman. 2015. Pengaruh Suhu Dari Heater Nozzle Terhadap Produk Priter 3D, Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hakim, Rahman, Ihsan Saputra, Gilang Prabowo Utama, dan Yuris Setyoadi. 2019. Pengaruh Temperature Nozzle Dan Base Plate Pada Material PLA Terhadap Nilai Massa Jenis Dan Kekasaran Permukaan Produk Pada Mesin Leapfrog Creater 3d Printer, 1(1).

Ikhsanto, Laily Noor, Zainuddin. 2020. Analisa Kekuatan Bending Filamen ABS Dan PLA Pada Hasil 3D Printer Dengan Variasi Suhu Nozzle. Bandung : PPD Politeknik Negeri Bandung.

Kuswanto. 2017. Pengaruh Perpindaan Panas Terhadap Defleksi Produk 3D Printer. Cikarang : President University.

Sepriansyah, Moch. Fadila. 2018. Proses Pembuatan Master Lensa Polimer Dengan 3d Printing. Yogykarta : Universitas Islam Indonesia.

Lubis, Sobron dan David Sutanto. 2016. Pengaruh Posisi Orientasi Objek Pada Proses Rapid Prototyping 3D Printing Terhadap Kekuatan Tarik Material Polymer. Universitas Tarumanegara.

Tosin, Ahmad. 2017. Penentuan Parameter Optimum Dalam Perakitan 3d Printer Reprap Dan Pembuatan Produk. Cikarang : President University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.