PENGARUH MODIFIKASI TORAK TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR

Andi Sanjaya

Abstract


Belakangan ini, selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan untuk kepentingan kompetisi performance. Metode perubahan sudut torak menjadi hal yang sederhana untuk merubah volume ruang bakar dengan tujuan untuk meningkatkan perbandingan rasio kompresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Dimana menggunakan sepeda motor Yamaha mio 115cc dan bahan bakar Pertamax, serta menggunakan torak standar dan modifikasi untuk mengetahui pengaruhnya terhadap unjuk kerjanya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dynamometer (dynotest) untuk mengetahui daya maksimum dan torsi maksimum pada sepeda motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan torak standar diperoleh sebesar 6,68 PS pada putaran 8500 rpm dan torsi maksimum 9,54 NM pada putaran 3500 rpm, Setelah dilakukan modifikasi pada Torak yang menyebabkan peningkatan pada perbandingan rasio kompresi, memberikan dampak positif pada daya motor menggunakan bahan bakar Pertamax. Hasil pengujian menunjukkan kenaikan daya dari 6,68 PS menjadi 6,90 PS menggunakan bahan bakar Pertamax. dari hasil pengujian torsinya, yang mana pada Torak modifikasi mengalami peningkatan dari 8,61 Nm menjadi 9,54 Nm.


Keywords


Rasio kompresi; modifikasi torak ; Unjuk kerja.

Full Text:

PDF

References


Astu Pudjanarsa, Djati Nursuhud. 2013. Mesin Konversi Energi edisi 3.Andi : Yogyakarta.

Berenschot H, Arends BPM. 1996. Motor Bensin. Erlangga : Jakarta.

Hidayat, Wahyu. 2012. Motor Bensin Modern. Rineka Cipta : Jakarta.

Kristanto, Philip. 2015. Motor Bakar Torak (Teori dan Aplikasinya). Andi : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.