PERANCANGAN SISTEM PENSUPLAI AIR TAMBAK UDANG DENGAN SUMBER TENAGA PANEL SURYA

Wisnu Wardana

Abstract


Menjaga keadaan air pada tambak udang sangat penting dikarenakan udang sangat sensitiv terhadap perubahan lingkungan hidupnya. Kondisi air harus tetap bagus agar udang bisa nyaman dan pertumbuhanya cepat. Untuk menyuplai kebutuhan air untuk tambak udang membutuhkan pompa air untuk memindahkan air dari inlet ke dalam tambak. Pompa ir yang sudah ada di pasaran pada umumnya menggunakan bahan bakar ataupun listrik dari PLN agar pompanya bisa berfungsi. Energi baru dan terbarukan mulai mendapat perhatian sejak terjadinya krisis energi dunia yaitu pada tahun 70-an dan salah satu energi itu adalah energi surya. Cahaya matahari jumlahnya melimpah dan bahkan untuk Negara tropis, Penyinaran matahari hampir sepanjang tahun.Oleh karena itu pembangkit listrik tenaga surya sangat cocok untuk diaplikasikan di Indonesia. Tenaga surya memiliki beberapa keuntungan antara lain energinya tersedia secara cuma-cuma, Perawatannya mudah dan tidak ada komponen yang bergerak sehingga tidak menimbulkan suara/kebisingan, Serta mampu bekerja secara otomatis. Akan tetapi tenaga surya juga memiliki kendala yaitu energi yang dihasilkan tergantung pada intensitas cahaya matahari yang tidak tersedia 24 jam sehari sehingga diperlukan suatu media penyimpanan energi berupa baterai sebagai sumber pada saat intensitas cahaya menurun atau bahkan tidak ada sama sekali. Proses pengisian baterai diatur dengan baterai charger.


Keywords


Panel Surya, Energi Terbarukan

Full Text:

PDF

References


Achmad, H. 1992. Elektro Kimia dan Kinetika Kimia. Citra Aditya Bakti: Bandung.

Ardiansyah. Muhammad. 2011. Analisis Penambahan Gas Hasil Elektrolisis Air Pada Motor Bakar 4 Langkah Dengan Posisi Injeksi Sebelum Karburator Disertai Variasi Derajat Timing Pengapian. Depok: Departemen Teknik Mesin, UI.

Bird, J. 2010. Electrical Principles and technology for engineering. United States of America: Elsevie

Lestari, Dewi Yuanita. 2012. Pemilihan Katalis Yang Ideal. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.