STUDY PERENCANAAN PERANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MICROHYDRO (PLTMH) PADA SUNGAI KALIMAJA DUSUN KEDONDONG RAME DESA RUGUK KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Syaikhurrohman Syaikhurrohman

Abstract


Listrik merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang primer sehingga diperlukan suatu pembangkit tenaga listrik yang efisien. Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTMH) merupakan alternatif sumber energi listrik bagi masyarakat. PLTMH memberikan banyak keuntungan terutama bagi masyarakat pedalaman diseluruh Indonesia. Disaat energi lain mulai menipis dan memberikan dampak yang negatif, maka air menjadi sumber energi yang sangat penting karena dapat dijadikan sumber energi pembangkit listrik yang murah dan tidak menimbulkan polusi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakan khususnya Dusun Kedondong Rame bahwa ketersediaan potensi yang disediakan oleh alam bisa dijadikan sebagai sumber tenaga listrik. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis kelayakan Sungai Kalimaja sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang meliputi debit air, ketinggian terjunan dan ketepatan dalam penggunaan jenis turbin. Pemilihan jenis turbin yang digunakan dipengaruhi oleh debit dan tinggi jatuh air. Berdasarkan pengambilan data pada lapangan dan berdasarkan perhitungan maka didapat debit minimum sebesar 0,0610 /s, dan head efektif 21.96 meter serta kecepatan spesifik 65,95 rpm, maka turbin yang digunakan dalam penelitian perencanaan perancangan ini adalah jenis turbin Cross-Flow.


Keywords


Listrik merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang primer sehingga diperlukan suatu pembangkit tenaga listrik yang efisien. Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTMH) merupakan alternatif sumber energi listrik bagi masyarakat. PLTMH memberikan ba

Full Text:

PDF

References


AlfaZuliari,Efrita.,Khomsyah,Ali.2014.Per encanaan Turbin Cross-Flow Sudu Bambu Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro Kapasitas 200 Watt.Jurnal Teknik.ISSN 978-602- 98569-1-0.

Dietzel,F.,dan Sriyanto,D.1993.Turbin Pompa Dan Kompresor.Erlangga.Jakarta

Diktoriat Jendaral Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.Modul Pelatihan Studi Kelayakan Pembanguna Pembangunan Mikrohidro. IMIDAP-M-012- 2012 Jakarta

Dwiyanto,Very.2016.Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Studi Kasus Sungai Air Anah (Hulu Sungai Way Besai).Skripsi.Universitas Lampung.

Kadir,Ramli.2010.Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Di Sungai Maripa Kecamatan Pinembani.Tugas Akhir.Universita Tadulako.

Mafrudin.2006.Studi Eksperimental Sudut Nosel dan Sudut Sudu Terhadap Kinerja Turbin Cross-Flow Sebagai PLTMH di Desa Bumi Nabung Timur.Tesis.Universitas Lampung.

Mafrudin.,Irawan,Dwi.,2016.Pembuatan Turbin Mikrohidro Tipe Cross-Flow Sebagai Pembangkit Listrik Di Desa Bumi Nabung Timur.Jurnal Teknik Mesin.ISSN 2301-6663.

Nugroho,Hunggul Y.S.H., Sallata, M.Kudng. 2015.PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.Ed.1.Yogyakarta.

Prastilastiarso,Joke.,Hamka,Mohamad.2016.R ancang Bangun PLTMH Menggunakan Turbin Cross-Flow Berkapasitas 1 kW Untuk Daerah Terpencil Dengan Sumber Air Terbatas.Jurnal Teknik. ISSN 16934393.

Safril.2010.Perencanaan Runner Dan Poros Turbin Cross Flow Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).Jurnal Teknik Mesin.ISSN 1829-8958.

Sularso.1997.Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin.PT Pradya Pratama.Jakarta

Susanto, Anjar.,2003.Pengembangan Turbin Air Type Cross-Flow Diameter Runner 400 M.Jurnal Teknik.Pusat Penelitian Informatika (LIPI)

Utama S, Wirmansyah,.2009.Perencanaan Turbin Air Aliran Silang (Cross-Flow) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Mikro.Tugas Akhir Teknik Mesin.Universitas Mercu Buanan.

Yanziwar.2007.Perencanaan Turbin Cross- Flow.Jurnal Teknik Mesin.ISSN 1829- 8958


Refbacks

  • There are currently no refbacks.