Iklan Televisi Dan Kebudayaan Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Mc Donalds Berdasarkan Pendekatan Kritis)

Rina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang gambaran iklan Mc Donalds di televisi dengan kebudayaan konsumen serta mengungkapkan berbagai bentuk kebudayaan konsumen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Mc Donalds yang berada di SUPER MARKET HERO kebun jeruk Jakarta barat selama tiga bulan. Diambilnya perusahaan Mc Donalds sebagai objek penelitian perusahaan Mc Donalds merupakan produk kapitalis yang tergolong global foods. Informasi meliputi sepuluh orang konsumen Mc Donalds dan tiga kelompok triangulasi. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua macam teori, teori kritikal dan semiotika, yang keduannya dipergunakan untuk menganalisis pesan iklan Mc Donalds di televisi dan kebudayaan konsumen. Hasil analisis data pada iklan Mc Donalds, sepuluh konsumen Mc Donald;s dan pada kelompok Triangulasi yang merupakan key informan pada penelitian ini, menunjukan bahwa dilihat dari unsur format pesannya iklan Mc Donalds menggunakan tiga macam format pertama format testimonials, yaitu penyajian pesan dengan mengandalkan kekutan utamanya pada public figure atau model. Proses penyajian pesan ini mempunyai kesamaan dengan hasil penemuan Kathleen Debevec, bahwa orang cenderung untuk melihat kualitas tersebut yang mengasosiasikan dengan orang tertentu yang dapat memperteguh keyakinan terhadap sesuatu. Indikasi yang sama juga di nyatakan oleh Willian F. Arens dan C. L Bowe bahwa orang yang paling mudah dipengaruhi oleh pendapat individu yang dihormati artinya individu yang dikenal luas dan citranya baik. kedua, unsur Straight Sell yang bertujuan untuk promosi dan mengharapkan pembelian yang secepatnya. Ketiga. unsur Musikal, bertujuan unutk menciptakan suatu citra produk. Jadi dengan demikian berdasarkan analisis data pada sepuluh konsumen, delapan di antaranya mengkonsumsi Mc Donalds karena terpaan Wan Mc Donalds di Televisi yang telah membuat masyarakat semakin konsumtif terhadap produk Mc Donalds indikasi ini sangat relevan dengan pernyataan dari Mead bahwa konsumen akan aktif dalam mengadopsi proses proses perubahan makna dalam masyarakat. Dengan demikian iklan Mc Donalds telah mencekoki konsumen dengan menayangkan para bintang orang profesional muda, anak-anak yang ceria, remaja dan orang dewasa, iklam Mc Donalds juga telah menuturkan kecemasan, kebahagiaan dan impian mereka, yang mungkin akan membeli produk Mc Donalds. berdasarkan analisis semiotika terhadap iklan Mc Donalds ditemukan proses Amerikanisasi dan reproduksi gaya hidup.

Full Text:

PDF

References


Assael Henry, Consumer Behavior dan marketing Action, Publishing Company, Boston 1992.

Ahmad S Akbar, Posmodernisme : Bahaya dan Harapan Bagi Islam, Mizan, Bandung 1992.

Alan Han, Class & Class Structures, Lawrence and Wish Arf, London, 1997.

Braudel, Fernand, The Whellof Commerce, (NY: Harper & Row Publisher, 1986)

Bovee, Courtland I dan Arens, William F, Contemporary Advertising, Irwin Homewood, Illinois, 1986.

Devebec, Kathleen dan Kernan, Jarome. B. More Evidence on The Effect Presenter Physical Actractiveness Some Cognitive and Behavioral Consequences, In Advertising and Communication Research, Association for Consumer Research, 1983.

Eco, Umberto, A Theory of Semiotics Bloomington, London : Indiana University Press, 1990.

Faisal, Sanapiah, Penelitian Kualitatif: Dasar dan Aplikasi, YA3 Malang 1990.

Fiske, John, television Culture, Ronlledge. London & New York, 1987.

Gellner, Ernest, Menolak Posmodernisme, Mizan. 1992.

Haroer & Row, the Wells of Commerce, 1986.

Kasali, Renald, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Grafiti, Jakarta 1992

Kellner, Doglas, Advertising & Consumer Culture, 1987.

Mulyana, Deddy Idi Subandi Ibrahim, Bercinta dengan Televisi, Rosdakarya, Bandung 1997.

Ruben, Brent D, Communication and Human Behavior, Third Edition, Orientice Hall.

Schkoder, Kim, Torben Velegaar, the language of Advertising, Basil Blackwell Ltd. 1985.

Sombart Warner, Capitalisme dalam encyclopedia of Social Science, Vol 3-4, 1981.

Samovar, Larry A & Richard A, Porter. Interculture Communication: A Reader Edited Wadsworth Belmot, 1982.

Severin, Werner J & james W. Tankard Jr, Communication Theories: Origins Methods and Uses in the Mass Media, Longman New York & London, 1992.

Tilman, R dan Kirkpatrick C, Promotion: Persuasive Communication in Marketing, Richard D. Irwin homewood, Illinois, 1972.

William Wells, et al, Advertising Principles & Practice, New Jersey, Practice Hall International.

Warner, Charles, Broadcasting Cable Selling (california : Wadsworth Publishing Company, 1986)

Zoest, Aart can dan Panuti Sujiman, Serba-serbi Semiotik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.