Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa S1 Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Bandar Lampung)

Supriyanto SUPRIYANTO, Elviera Meilita

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode survei menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 mahasiswa Administrasi Bisnis dengan sampel berjumlah 36 responden. Instrumen yang digunakan untuk akselerasi adalah 8 pertanyaan mengenai Pendidikan Kewirausahaan dan 7 pertanyaan mengenai Intensi Berwirausaha.

Sebelum menganalisis data dilakukan tabulasi hasil kuisioner dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Lalu data dianalisis dengan Analisis Deskriptif yang meliputi Distribusi Frekuensi, Rata-Rata, dan Grafik, serta Analisis Inferensial meliputi Hipotesis Penelitian, Hipotesis Statistik, dan Uji Statistik. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Regresi Linier Sederhana.

Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pengaruh yang signifikan Pendidikan Kewirausahaan dengan Intensi Berwirausaha, ditandai dengan analisis deskriptif yaitu Pendidikan Kewirausahaan yang baik dengan frekuensi 27 orang atau 75% dan Intensi Berwirausaha yang baik dengan frekuensi 20 orang atau 55,5%, serta hasil Analisis Inferensial uji signifikansi mendapat hasil r hitung 0,562 > r table (0,369) dan hasil t hitung (3,939) > t table (2,028) artinya baik secara sampel maupun populasi ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Kewirausahaan dengan Intensi Berwirausaha. Hasil analisis Regresi Linier Sederhana menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dengan koefisien bernilai positif 0,6.

Keywords


Pendidikan Kewirausahaan; Intensi Berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Fathur, Amang. (2010), Teknik Analisis Data Kuantitatif, Jakarta. Salemba Empat

Santoso, Djoko . (2013), Modul Pemberlajaran Kewirausahaan, Direktorat Jendral Pembelajaran dan kemahasiswaan, Ditjen Pendidikan Tinggi, kementrian pendidikan dan kebudayaan

Sanusi, Anwar. (2011), Metodelogi Penelitian Bisnis, Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Supriyanto, (2012), Buku Saku Sarjana Berjiwa Wirausaha, Bandar Lampung, UBL Press.

Supriyanto, (2009), Metodologi Riset Bisnis, Bandar Lampung, UBL Press.

Supriyanto, (2012), Restropektif Ilmu Administrasi Bisnis. Bandar Lampung. UBL Press.

Panduan Online Mahasiswa Universitas Bandar Lampung www.UBL.ac.id

http://mabadik.wordpress.com/2010/07/10/teknik-analisis-data-kuantitatif/

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/32891/3/Chapter%20II.pdf

http://agusthinuz.blogspot.co.id/2013/04/intensi-kewirausahaan-mahasiswa-studi.html

https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972


Refbacks

  • There are currently no refbacks.