Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Sentra Industri Kecil Keripik di Kota Bandar Lampung

Agus Purnomo

Abstract


Industri Keripik merupakan salah satu produk unggulan Kota Bandar yang memiliki kawasan sentra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan produk unggulan sentra industri kecil keripik di Kota Bandar Lampung. Sedangkan tujuannya adalah untuk menganalisis aspek-aspek lingkungan internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pengembangan produk unggulan Sentra Industri Keripik Kota Bandar Lampung serta merumuskan strategi dalam mengembangkan Kawasan Sentra Industri Keripik Kota Bandar Lampung agar dapat meningkatkan daya saingnya. Penelian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan alat analisis SWOT. Hasil analisis SWOT diperoleh 10 faktor kekuatan, 9 faktor kelemahan, 6 faktor peluang dan 4 faktor ancaman. Selanjutnya diperlukan strategi dengan meningkatkan kekuatan, meminimalasi kelemaha, memanfaatkan kesempatan dan meminimalisasi ancaman, sehingga dapat dirumuskan 11 strategi dalam mengembangkan produk unggulan dari kawasan sentra industri kecil keripik di Kota Bandar Lampung agar dapat meningkatkan daya saingnya.

Keywords


Strategi pengembangan produk; industri kecil; analisis SWOT.

Full Text:

PDF

References


Anderson, Gary. (1994). Industry clustering for economic development. Economic Development Review. New York: Springer.

Bungin, Burhan. (2001). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Hamid, Edy Suandi & Y. Sri Susilo, (2011), “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12 : 45-55

Jeni Wulandari, Jeni. (2012), “Strategi Pengembangan Kawasan Industri Kecil Berbasis Komoditas Unggulan (Studi Kasus Kawasan sentra Industri Keripik Kota Bandar Lampung)”, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 3: 421-432.

Mangiri, Komet. (2000). Perencanaan terpadu pembangunan ekonomi daerah otonom.

Jakarta: Badan Pusat Statistik

Moleong, L. J. 2012, Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Porter, Michael. (1998). On competition. Boston: Harvard Business School Publishing. Rangkuti, F. (2002). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta : Gramedia Scarborough, Norman M., & Thomas W. Simmerer. 1996. Effective Small Business

Management, New York : Mac-Milland Publ. Company.

Setiawan,Guntur (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan, Jakarta:Cipta Dunia

Soesilo, Nining I. (2002). Manajemen strategik di sektor publik. Buku II. Jakarta: Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tambunan, Tulus T.H. 2009. UMKM di Indonesia, Bogor : Ghalia Indonesia.

Umar H. (2008), Strategic Managementin Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. William, Boulton R. (1984). Business policy, the art of strategic management. New York:

Macmillan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.