Pemberdayaan Masyarakat Bratasena Melalui Usaha Ekonomi Kreatif Telur Asin Rendah Kolesterol

Noning Verawati, Soewito SOEWITO, Ardansyah ARDANSYAH

Abstract


Dalam upaya mewujudkan negara yang maju dan mandiri serta masyarakat adil dan makmur, Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan dan sekaligus peluang. Tantangan paling fundamental adalah upaya Indonesia untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan secara berkesinambungan. Untuk menjawab hal tersebut diperlukan peningkatan efisiensi ekonomi, produktivitas tenaga kerja,  dan kontribusi yang siginifikan dari setiap sektor pembangunan. Pembangunan  ekonomi yang berorientasi pada pertumbuhan saja tidak akan menjamin meningkatnya taraf hidup masyarakat. Pertumbuhan ekonomi tidak selalu berarti perbaikan dalam distribusi pendapatan masyarakat. Pembangunan yang  berorientasi pertumbuhan tidaklah dapat menjamin tingkat kesejahateraan masyatakatnya, oleh karena itu perlu lebih diberdayakan agar lebih mandiri, dan dapat memanfaatkan potensi yanhg ada disekitar wilayahnya. Daerah Bratasena merupakan penghasil telur itik yang cukup besar, tetapi tanpa adanya inovasi dalam produksi telur tersbut. Berkatan dengan itu maka perlu adanya peningkatan hasil telur yaitu dengan cara di buat telur asin.

Masalah utama dikelompok tani pembuat telur asin adalah: (1) tidak memiliki modal dana untuk memulai usaha pembuatan telur asin rasa udang rendah kolesterol, (2) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pembuatan telur asin rasa udang rendah kolesterol, (3) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan  manajemen usaha pembuatan telur asin  rendah kolesterol dan (4) belum memiliki  pengetahuan dan ketrampilan organisasi usaha bersama. Metode yang dipakai ini adalah memberdayakan kelompok budidaya itik petelur melalui (1) Pelatihan kepada anggota dua kelompok dalam aspek priduksi dan aspek manajemen, (2) Membuat demplot kandang itik petelur, dan (3)  Pendampingan  budidaya dan pendampingan pembuatan telur asin. Kegiatan yang dilakukan adalah  (1) Pelatihan budidaya  itik  petelur,  pelatihan  pembuatan pakan limbah udang, pelatihan pembuatan telur asin rasa udang rendah kolesterol, pelatihan administrasi usaha, pelatihan pemasaran telur asin rendah kolesterol, dan pelatihan organisasi kelompok usaha,(2) Demplot kandang budidaya itik petelur,(3) Pendampingan budidaya itik petelur  dan pendampingan  pembuatan telur asin rendah kolesterol.

Keywords


Telur Asin; Rendah Kolesterol.

Full Text:

PDF

References


Abun. 2009. Pengolahan Limbah Udang Windu Secara Kimiawi Dengan NaOH dan H2SO4 Terhadap Protein dan Mineral Terlarut. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Anonima. 2008. Limbah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Sumatra Utara. Medan.

Harnentis. 2004. Pengaruh Lama Fermentasi Limbah

Udang dengan Effective Micro organism 4(EM4) terhadap Kuatitas dan Kualitas Tepung Limbah Udang. Laporan Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Andalas ,Padang.

Inpres No: 6 tahun 2009, Tentang Ekonomi Kreatif

Kementerian Perdagangan Indonesia 2011, Pengembangan Ekonomi Kreatif, Jakarta

Mirzah,Yumaihana dan Filawati. 2006, Pemakaian Tepung Limbah Udang Hasil Olahan Sebagai Pengganti Tepung Ikan Dalam Ransum Ayam Broiler. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang. Sumatra Barat.

Mirzah. 2007.Penggunaan Tepung Limbah Udang yang Diolah dengan Filtrat Air Abu Sekam dalam Ransum Ayam Broiler. Media Peternakan, Desember2007, hlm. 189-197,ISSN 0126-0472, Vol. 30 No. 3. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang. SumatraBarat.

Mahata, M.E. 2007. Perbaikan kualitas gizi limbah udang sebagai pakan unggas melalui hidrolisis enzim kitosanase dan kitinase dari bacterium Serratia marcescens. Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Andalas, Padang.

Purwatiningsih.1990.Isolasi Khitin dan Komposisi Kimia dari Limbah Udang Windu.Tesis Pascasarjana. ITB.Bandung.

Sedarmayanti, 2005, Membangunan Pariwisata dan Kebudayaan. Mandar Maju. Bandung

(http://cybex.pertanian.go.id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.