Upaya Peningkatan Daya Tarik Pengunjung Website Melalui Peran Copywriter

Hamada Nofita Putri, Noning Verawati

Abstract


Along with the rapid development of technology in the digital era, the role of copywriters has a very large influence on business progress, especially for a start-up that relies heavily on technology, such as the internet and websites. Techniques are needed copywriting so that every piece of content on the website is more easily indexed in search engines and generates high traffic or visitor traffic. This is also done by Vocasia.id as a website for training providers in the form of online certified promoting its course products, Vocasia.id takes advantage of the role of copywriters to produce quality and original daily article content on a regular basis. The purpose of creating the article content is to increase the attractiveness of visitors on website Vocasia.id links or links from course products can be inserted into articles with many visitors. The results of this study indicate that copywriters play an important role in increasing visitor attraction on the website Vocasia.id. This is indicated by the article production process carried out, namely the application of copywriting AIDA attention, interest, desire, and action), as well as the application of SEO-friendly articles (search engine optimization) have proven to be successful in generating traffic visitor website, which is around 2500 to 7500. visitors to website Vocasia. In addition, another proof of the success of Vocasia.id as website that started operating in early 2020, one of the highest article visitors was 20 thousand visitors in the academic article category.

Abstrak

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi di era digital, peran copywriter memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan bisnis, terutama pada perusahaan start-up yang sangat bergantung pada teknologi, seperti internet dan website. Pasalnya dibutuhkan teknik copywriting yang tepat, agar setiap konten yang ada pada situs website lebih mudah terindex di mesin pencari dan menghasilkan traffic atau lalu lintas pengunjung yang tinggi. Hal ini juga dilakukan oleh Vocasia.id sebagai website penyedia pelatihan yang berupa kursus online bersertifikat. Dalam mempromosikan produk kursusnya, pihak Vocasia.id memanfaatkan peran copywriter untuk menghasilkan konten artikel harian secara rutin yang berkualitas dan orisinil. Tujuan dari pembuatan konten artikel tersebut adalah tidak lain agar bisa meningkatkan daya tarik pengunjung pada website Vocasia.id, sehingga link atau tautan dari produk kursus dapat disisipkan kedalam artikel yang memiliki banyak pengunjung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa para copywriter Vocasia.id sangat berperan penting dalam meningkatkan daya tarik pengunjung pada website Vocasia.id. Hal ini ditunjukkan dengan proses produksi artikel yang dilakukan yaitu dengan penerapan copywriting AIDA (attention, interest, desire, dan action), serta penerapan artikel yang ramah SEO (search engine optimization) terbukti berhasil menghasilkan traffic pengunjung website yang tinggi, yaitu sekitar 2500 sampai 7500 pengunjung ke dalam website Vocasia.id setiap 5 hari. Selain itu bukti kesuksesan lain dari Vocasia.id sebagai website baru yang mulai beroperasi pada awal tahun 2020, salah satu pengunjung artikel tertinggi yaitu 20 ribu pengunjung dengan kategori artikel akademik.


Keywords


Copywriter; Digital; Article; Artikel; Website;

Full Text:

PDF

References


Jannatin, R. (2020) Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, No.2: 23-25.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2003). Marketing Communication - Taktik dan Strategi. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Madiyant, M. (2020). Copywriting Retorika Iklan dan Storytelling - Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Satria, H. W., & Agustine, D. K. (2019) Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suttmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terpadu No.1: 35-38.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Soerjono, S. (2002). Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjarwo dan Basrowi. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV. Mandar Maju

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jik.v1i2.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.