Analisis Pemanfaatan E-Banking Dalam Industri Perbankan di Indonesia Ditinjau dari Structure-Conduct-Performance Paradigm

. Defrizal, Agus Wahyudi, M. Yusuf S. Barusman

Abstract


The development of information and communication technology (ICT) was growing rapidly and was used in many fields including the banking industry in Indonesia. The aims of this research were :  1) to  analyze the impact of ICT development in developing the business strategies of the banking industry in Indonesia (E-Banking),and 2) to analyze the impact of e-banking utilization in the banking industry in Indonesia in terms of Structure-Conduct-Performance (SCP) paradigm. Theresults showed thate-banking was a business strategyof the banking industry in Indonesia that appeared asthe impact of ICT development. Impact of utilization of e-banking in Indonesia did not havea significant impact on improving the performance of the banking industry inIndonesia.

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) berkembang pesat dan digunakan dalam berbagai bidang kehidupan termasuk industri perbankan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis dampak perkembangan ICT dalam pengembangan strategi bisnis industri perbankan di Indonesia (E-Banking), serta dan 2) menganalisis pemanfaatan e-banking dalam industri perbankan di Indonesia ditinjau dari paradigma Structure-Conduct-Performance (SCP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-banking merupakan strategi bisnis industri perbankan di Indonesia yang muncul sebagai dampak perkembangan ICT. Dampak pemanfaatan e-banking di Indonesia belum berdampak nyata terhadap peningkatan kinerja industri perbankan di Indonesia.



Keywords


ICT; e-banking; Structure-Conduct-Performance;ICT; e-banking; Structure-Conduct-Performance.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto T. 2004. Profil Persaingan Usaha dalam Industri Perbankan di Indonesia. Perbanas Finance & Banking Journal. Vol. 6 No. 2.

Baye MR. 2008. Managerial Economic and Business Strategy. McGraw-Hill.

Brown DM, Warren-Boulton FR. 1988. Testing the Structure-Competition Relationship on Cross-Sectional Firm Data. Discussion paper 88-6. Economic Analysis Group, US Department of Justice.

Hasan A. 2008. Marketing. MedPress. Yogyakarta.

Hermana B. 2007. Perbankan Indonesia dan E-Banking. http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana/2007/11/08/perbankan-indonesia-dan-e-banking/

Hubeis AVS. 2009. Perilaku Masyarakat dalam Pemanfaatan Information and Communication Technology dalam Mendukung Pengembangan Masyarakat Global. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional “Komunikasi Pembangunan Mendukung Peningkatan Kualitas SDM dalam Kerangka Pengembangan Masyarakat. Diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia di Bogor pada tanggal 19 November 2009.

Irsyad M. 2008. Internet Banking: Sistem Informasi Perbankan yang Bernilai Tambah. http://irsyadmemoirs.wordpress.com/2008/06/18/internet-banking-sistem-informasi-perbankan-yang-bernilai-tambah/

Koch TW, MacDonald SS. 2003. Bank Management. 5th Edition. Thomson.

Marion BW. 1976. Application of the Structure, Conduct, Performance Pardigm to Subsector Analysis. Working Paper.

Oetomo BSD, Foenadioen. 2003. Terminologi Populer Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Seminar KB. 2009. Paradigma Pendayagunaan Teknologi Informasi Menyongsong Masyarakat Global. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional “Komunikasi Pembangunan Mendukung Peningkatan Kualitas SDM dalam Kerangka Pengembangan Masyarakat. Diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia di Bogor pada tanggal 19 November 2009.

Siregar SL. 2006. Koopetisi Industri Perbankan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IV, Program Studi MMT-ITS, Surabaya 5 Agustus 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v3i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub