Pengaruh Fasilitas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terhadap Sikap Siswa Smu Dalam Memilih PTS Di Bandar Lampung

Abdul Basit, Agus Wahyudi

Abstract


Private university generally use their learning facilities to attract student candidate. The objective of this research is :1) to analyze the correlation between student candidate attitude and private university’s learning facilities; 2) to determine the significant learning facilities that used by candidate student to prefer private university. The purpose of this research is to improve private university quality. To determine the significant factor that influence the student candidate preferences is used multiple regression analysis. The result of this research shows that faculty status, lecture, laboratorium, and building are the factor that influence the preference of the student candidate to enter the private university.

------------------------

Dengan meningkatnya dunia pendidikan terutama Perguruan Tinggi Swasta yang banyak menjanjikan fasilitas-fasilitas guna menunjang proses belajar mengajar. Dimana permasalahannya adalah bagaimanakah hubungan sikap pelajar SMU (Kelas III) terhadap fasilitas-fasilitas yang ada pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung. Dengan tujuan, yaitu : 1) Untuk mengetahui hubungan antara sikap pelajar dan fasilitas yang dimiliki Perguruan Tinggi Swasta, 2) Mengetahui fasilitas yang berpengaruh dalam keputusan untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta. Sehingga diharapkan dapat memberikan informasi tentang sikap siswa SMU guna meningkatkan kualitas serta mutu dari PTS di Bandar Lampung. Dalam menganalisa data digunakan Interval yaitu untuk menentukan hubungan fasilitas PTS di Bandar Lampung, dan untuk mengetahui fasilitas yang berpengaruh untuk memilih PTS digunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor tertinggi yang mempengaruhi pelajar dalam memilih PTS yaitu status fakultas, kedua adalah Dosen, posisi ketiga yaitu Laboratorium dan posisi terakhir adalah Gedung.

 


Keywords


private university facility; student candidate preference; preference attitude; fasilitas perguruan tinggi swasta; pilihan calon mahasiswa; sikap memilih

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v1i1.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub