Peran Komunikasi Pemasaran dan Format Siaran Terhadap Minat Mahasiswa untuk Menjadi Penyiar Radio PRO 2 FM Bandung

Marceilla Suryana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung terhadap minat mahasiswa untuk menjadi penyiar radio dan pengaruh format siaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung terhadap minat mahasiswa untuk menjadi penyiar radio serta Pengaruh secara simultan komunikasi pemasaran dan format siaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung terhadap minat mahasiswa untuk menjadi penyiar radio. Penelitian ini menggunakan tiap penelitian deskriptif verifikatif, dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Populasi dan sampel penelitian adalah 31 orang peserta Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung Angkatan Tahun 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Data selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan analisis regresi liner ganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Komunikasi pemasaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi penyiar radio. (2) Format siaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung memiliki pengaruh yang positif, bersignifikan terhadap mahasiswa yang berminat menjadi penyiar radio. (3) Komunikasi pemasaran dan format siaran Program Broadcaster Academy RRI PRO 2 FM Bandung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi penyiar radio.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Format Siaran, Minat

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2017). Psikologi Umum. Rineka Cipta, Jakarta.

Ahmadi, Abu & Supriyono Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School for Disable Students with Special Needs. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278 487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 21, Issue 5.

Barusman, Andala Rama Putra & Rulian., Evelin Putri. (2020). Customer satisfaction and retention and its impact on turism in hotel industry. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra1), 117–126. https://doi.org/10.5281/zenodo.3774581

Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Darmanto, Antonius. (1998). Tehnik Penulisan Naskah Acara Siaran Radio, Penerbit Universitas Atmajaya, Yogyakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Effendi, Uchjana Onong. (2017). Radio Siaran Teori dan Praktek. Mandar Maju, Bandung.

Hutomo, Azhar. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Program Interaktif di RRI Pro 2 FM Jakarta. Jurnal Komunikasi, Volume VIII Nomor 3, September.

Komala, Lukiati. (2009). Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses dan Konteks. Widya Pajajaran. Bandung.

Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Kriyantono. (2007). Regulasi Penyiaran dari Otoriter Ke Liberal, Lkis. Yogyakarta.

Mardiana, Siska. (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen. Jurnal Komunikasi Volume 2 Nomor 2.

Masduki. (2003). Radio Siaran dan Demokratisasi, Penerbit Jendela, Yogyakarta.

Morisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran, Kencana Prananda Media Group, Jakarta.

Nabilla, Abby., Surya, Rinjani., & Dellyana, Dina. (2017). Integrated Marketing Communication for GRAN. Journal of Innovation, Business and Entrepreneurship Vol. 2, No.1, 100-111.

Fahriyal. (2018). Broadcaster Academy. Proyek Perubahan RRI Bandung.

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Ghalia Indonesia. Bogor.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan: Remadja Rosda Karya, Bandung.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Cetakan Keenam. Rineka Cipta. Jakarta.

Soemanagara. (2012). Strategic Marketing Communication. Alfabeta. Bandung

Sutisna. (2011). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remadja Rosdakarya, Bandung.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub