Manajemen Pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 di SMPN 14 Kotabumi Lampung Utara

Meri Astuti, Karwono Karwono, Defrizal Defrizal, Haninun Haninun

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu bidang yang mengalami dampak dari Covid 19. Kemendikbudristek menerbitkan Surat edaran No. 2 Tahun 2022 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dengan memperhatikan batasan tertentu seperti lama belajar di sekolah, jumlah siswa dan guru disebut  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Tujuan penelitian adalah untuk menjadi referensi dalam merencanakan manajemen pembelajaran tatap muka terbatas sebuah Lembaga Pendidikan khususnya Sekolah Menengah Pertama di Lingkungan Kabupaten Lampung Utara. Selain itu, dapat dijadikan sampel perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran di masa transisi pandemi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara pada 14 informan yang merupakan guru SMPN 14 Kotabumi dan data sekunder yang berasal dari berbagai bahan pendukung lainnya. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Salah satu metode belajar mengajar di sekolah yang diterapkan guru di masa transisi pandemic covid-19 yaitu pembelajaran tatap muka terbatas. Dalam kegiatan perencanaan pembelajaran tatap muka terbatas, hal yang pertama kali disiapkan adalah Perangkat pembelajaran. Penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 14 Kotabumi dilaksanakan dengan cara membagi siswa menjadi 2 shift perkelas. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas memperhatikan juga tahapan kegiatan  pembelajaran yang terdiri dari memotivasi dan apersepsi, penyampaian materi pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, melaksanakan  metode pembelajaran, serta pelibatan siswa secara aktif. Dalam tahapan evaluasi, guru harus mampu memberikan penilaian atau mengevaluasi hasil belajar siswa baik sikap, pengetahuan maupun keterampilan. 


Keywords


Manajemen Pembelajaran; SMP; pandemi; covid-19

Full Text:

PDF

References


A. Sahertian, Piet. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aliftitah, Ismatul Amir Syamsudin. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 3 Januari 2022: 1825-1836.

Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

B. Uno ,Hamzah. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ameci, Adiati; Barusman, Andala Rama Putra; Amna, Luke Suciyati & Riswan, Riswan. (2021). Analisis Return Saham Dan Volume Perdagangan Saham PT Bukit Asam Tbk Di Masa Pandemi Covid-19.Visionist, Vol.10, No.1. h-1-7

Barusman, M Yusuf Sulfarano & Riki Adetia Setiawan. (2014). Studi Kualitatif Perkembangan Klaster Pedagang Kaki Lima Klaster Pasar Mambo Dan Klaster Lapangan Korpri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No.1 Oktober 2014: 38-62 38.

Barusman, Andala Rama Putra & Mihdar, Fauzi. (2014). The effect of job satisfaction and organizational justice on organizational citizenship behavior with organization commitment as the moderator. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118-126. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118–126.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The effect of security, service quality, operations and information management, reliability &trustworthiness on e-loyalty moderated by customer satisfaction on the online shopping website. In International Journal of Supply Chain Management (Vol. 8, Issue 6, pp. 586–594).

Barusman, M Yusuf Sulfarano. (2017). Soft Systems Methodology. In Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Hikmat. (2009). Manajemen pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Moleong, Lexy, J. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Maulana, Adri Giatman Ernawati. (2021). Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Blanded Learning. Jurnal Riset Tindakan Indonesia Vol. 6 No. 1 Agustus 2021.

Munahwati, Junita Qongidatul Rikza. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas VII G Mts Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics Vol. 2 No. 1 Desember 2021: 2775-8397.

Palinggi, Hendrik Witarsa Tambunan. (2021). Analisis Sistem Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Kristen Rantepao. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 10 No. 1 Agustus 2021 : 2745-9543.

Rusdiana. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada Unyversity Pressh.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Supardi, M.Pd,. Ph.D. (2013). Kinerja Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i2.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub