Analisis Pengalaman Kerja dan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung

Ketut Agustomi, Iskandar Ali Alam, Habiburahman Habiburahman, Hendri Dunan

Abstract


Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian ini lebih menekankan pada makna dan proses daripada hasil suatu aktivitas Secara umum penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami (understanding) dunia makna yang disimbolkan dalam perilaku masyarakat menurut perspektif masyarakat itu sendiri.

Adapun hasil penelitian yaitu Implementasi pengalaman kerja kompetensi pegawai dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang saat ini sudah cukup baik yakni lebih mengutamakan masa kerja pegawai, khususnya bagi para auditor yang dimana pegawai yang lebih berpengalaman dan masa kerja yang lama lebih diutamakan untuk menyelesaikan tugas, pegawai yang ada saat ini mayoritas sudah memiliki kompetensi yang baik dibidangnya masing-masing, pegawai dapat mengimplementasikan pengetahuannya yang berasal dari diklat-diklat untuk meningkatkan kinerjanya, Hambatan yaitu Kurangnya motivasi kerja para pegawai, Komunikasi antar pegawai dengan pimpinan belum maksimal, masih adanya prilaku pegawai yang tidak disiplin, Belum maksimalnya pelaksanaan pelatihan dan pendidikan/ bimbingan teknis pegawa, Ketidak sesuaian antara bidang kerja pegawai dengan latar belakang pendidikan formalnya. Strategi/ kebijakan yang diambil yaitu Meningkatkan pelaksanaan pendidikan dan latihan pegawai. Meningkatkan pengawasan terhadap kinerja pegawai.


Keywords


Pengalaman Kerja, Kompetensi, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Barusman, Andala Rama Putra & Mihdar, Fauzan. (2014). The effect of job satisfaction and organizational justice on organizational citizenship behavior with organization commitment as the moderator. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118-126. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118–126.

Barusman, Andala. Rama Putra & Habiburrahman, H. (2022). The role of supply chain management and competitive advantage on the performance of Indonesian SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 409–416. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.12.011

Barusman, M Yusuf Sulfarano. (2017). Soft Systems Methodology. Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Foster. (2011). Indikator Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja.

Likdanawati, M. V. (2018). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Rumah Sakit Umum Labuhan Haji Tengah Aceh Selatan. Jurnal Visioner & Strategis, 7(1), 17–22.

Pramudyo, A. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 9–25.

Ranupandojo. (2012). Pengalaman Kerja dan Lingkungan Kerja. Journal of Chemical Information and Modeling.

Spencer. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. 2000, 10–47.

Sugiyono. (2014). MetodePenelitian Pendidikan PendekatanKualitatif, Kuatitatif Dan R&D. KABILAH : Journal of Social Community, bandung(Alfabeta), 177.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i2.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub