ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PT. ANDIKA SPA KABUPATEN BADUNG BALI

Ni Kadek Dwi Pricillia, Laila Retnani Utami, Andre Kusuma Adi Putra

Abstract


Sistem informasi penggajian dan penggajian sangat penting di perusahaan karena mereka berinteraksi langsung dengan karyawan. Sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan ini digunakan untuk menghitung, membayar dan mencatat gajidan upah yang dibayarkan oleh perusahaan. Jumlah uang yang harus dibagikan kepada karyawan yang dibuat oleh perusahaan dua kelompok: upah dan gaji. Upah dibayarkan dalam periode yang tidak teratur kepada pekerja setelah menyelesaikan pekerjaan seperti uang lembur. Sedangkan gaji secara teratur sesuai kesepakatan kontrak, gaji bulanan seperti yang dijadwalkan pada akhir bulan. Sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan memiliki beberapa komponen, termasuk fungsi terkait, prosedur penggajian dan pengupahan, serta catatan dan dokumen penggajian  dan  pengupahan.  Komponen  pertama,  fungsi  terkait  dari  Sistem  Informasi Penggajian dan pengupahan, termasuk penggajian, manajemen waktu, pencatatan penggajian, akuntansi  dan  keuangan.  Adapun  tata  cara  yang  berkaitan  dengan  bagian  kedua,  sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan, meliputi tata cara pengelolaan waktu, tata cara pencatatan waktu kerja, tata cara pembayaran gaji pegawai serta tata cara dan tata cara pembagian upah.


Keywords


Analisis Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian, Pengupahan

Full Text:

PDF

References


Azhar, Susanto. (2017). Sistem Informasi Akuntansi-Pemahaman konsep secara terpadu, Eisi Perdana, Cetakan Pertama. Bandung:1Lingga Jaya.

Baridwan, Zaki. (2013). Intermadiate Accounting. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (1994), edisi kedua, Balai Pustaka, Jakarta.

Hamizan, A., Mayasari, M., Saputri, R., & Pohan, R. N. (2020). Sistem Informasi Penggajian di PT. Perkebunan Nusantara IV. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 29-38

Kakasih, G. G., Pangemanan, S. S., & Pinatik, S. (2019). Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Mulyadi. (2013). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Purba, D. H. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan: Studi Kasus Pada Sebuah Rumah Sakit. Jurnal Manajemen, 4(1), 15-22.

Romney, Marshall B & Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Terjemahan Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat. 8. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i2.2223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub