ANALISIS PEMBIAYAAN PROYEK STRATEGIS PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG MELALUI PENERBITAN OBLIGASI DAERAH (Studi Kasus : Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Regional Lampung )

Niar Azriya, Deviana Sari, Aprianus John Risnad

Abstract


Penyediaan infrastruktur atau investasi publik sangat di perlukan suatu daerah dalam hal guna meningkatnya masyarakat yang sejahtera, layanan untuk semua orang atau umum serta persaingan antar daerah. Penyediaan infrastruktur atau investasi publik saat ini di suatu daerah tergolong masih sangat amat menggantungan harapan untuk di salurkan dana ke suatu daerah dan dana daerah (TKDD) sehingga diperlukan adanya alternatif pembiayaan kreatif yang salah satunya adalah Obligasi Daerah agar dipercepatnya proses membangun infrastruktur, mendorong serta membentuk sebuah sumber yang terbilang baru pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan investasi di daerah.

Penulisan tesis ini bertujuan untuk meneliti kelayakan Obligasi Daerah sebagai instrumen pembiayaan proyek strategis Pemerintah Provinsi Lampung dengan studi kasus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), faktor-faktor penghambat dan pendukung penerbitan dan pemanfaatannya serta rekomendasi rencana tindak yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk pemanfaatan obligasi Daerah tersebut.

Metode penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan metodologi menganalisis kelayakan pemanfaatan Obligasi Daerah dan potensinya untuk membiayai proyek strategis dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity and Threatness) serta Undang-Undang 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang telah direvisi melalui Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 untuk menilai faktor-faktor pendukung dan penghambat dari sisi finansial dan non finansial dari Pemerintah Provinsi Lampung serta rencana tindak yang dilakukan dalam dalam penerbitan Obligasi Daerah.

Metode pengumpulan data dalam penulisan tesis ini menggunakan metode survey dan wawancara kepada informan yang kompeten dibidangnya dan dokumen berupa laporan keuangan serta feasibility study PLTSa..


Keywords


Obligasi daerah, Analisis SWOT, faktor pendukung dan penghambat serta rencana aksi penerbitan obligasi daerah

Full Text:

PDF

References


Bappeda Provinsi Lampung (2018). Presentasi Rencana Pembangunan Provinsi Lampung Dalam Mendukung Penguatan Daya Saing Daerah. Provinsi Lampung.

Bappenas (2017). Tinjauan Regulasi dan Kelembagaan Penerbit Obligasi Daerah dalam Pembangunan Infrastruktur di Daerah.

Freddy, Rangkuti (2005). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Freddy Rangkuti (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT dengan cara perhitungan bobot, rating dan OCAI. PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Otoritas Jasa Keuangan (2018). Buku Panduan Penerbitan Obligasi Daerah.

Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019-2024.

Peraturan Pemerintan Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan;

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pinjaman Daerah

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 180/PMK.07/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.07/2012 tentang Tatacara Penerbitan dan Pertanggungjawaban Obligasi Daerah.

Purwoko, (2005). Analisis Peluang Penerbitan Obligasi Daerah Sebagai Alternatif Pembiayaan Infrastruktur Daerah. Kajian Ekonomi dan Keuangan Edisi Khusus, 25-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i2.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub