PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI KELAS XII SMKS NUSANTARA KECAMATAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG

Eriec Juwita, Duma Monica Gultom, Rico Dezi Afriansyah, Hepiana Patmarina

Abstract


Pendidikan merupakan usaha yang sadar serta terencana yang dimaksudkan untuk mewujudkan atmosfer belajar serta proses belajar supaya para murid secara aktif bisa meningkatkan kemampuan diri agar bisa mempunyai spiritual streght, keagaman, dapat mengendalikan diri, cerdas, berakhlak baik dan keahlian yang di perlukan dirinya, warga sekitar serta negara.

Hasil riset dari penelitian ini menggunakan beberapa tata cara ialah tata cara analisis deskripsi serta analisis kuantitatif, yaitu merupakan riset menuntut peneliti untuk mengolah hitungan dimulai sejak mengupulkan data-data, pengertian terhadap data-data, dan mendapatkan result.

Hasil dari analisis dalam riset ini ialah uji t ataupun t uji didapati t hitung sebesar 4,388 ialah lebih besar dari t tabel 2 2,034. Dengan demikian didapati hasil hipotesis sebagai berikut : Lingkungan belajar mempengurhi terhadap prestasi belajar siswa diterima. Pengaruh disiplin siswa serta Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar sebesar 80,4% serta sisanya 19,6% dipengaruhi oleh aspek lain yang peneliti tidak riset. Dari uji f ataupun uji keseluruhan/simultan, didapati hasil dari variabel bebas yang terdiri dari X1 dan X2 tersebut nilai Fhitung  sebesar 65.598. Sedangkan nilai Ftabel  dengan pembilang dk sama dengan 2 serta penyebut dk yaitu n – k = 35 – 3 =32, tingkat keyakinan 95% (α=0,05) diperoleh nilai Ftabel = 3.29. Dari regresi linier berganda jika koefisien regresi bernilai X2 yaitu > nilai koefisien regresi X1, Sehingga perihal ini menunjukkan jika donasi variable Lingkungan Belajar lebih besar ataupun dominan dibandung variable disiplin siswa.

Adapun implikasi yaitu Hendaknya para dewan guru memperhatikan lingkungan belajar siswa yang ada saat ini apakah mendukung siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa atau sebaliknya. Seperti halnya terkait penggunaan fasilitas sekolah untuk kepentingan para siswa, bahwa dengan adanya kedisiplinan dan lingkungan belajar siswa yang tidak mendukung prestasi siswa agar lebih diperbaiki. Oleh karena itu perlu adanya perhatian serius untuk membentuk kedisiplinan dan lingkungan belajar siswa pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di Kelas XII SMKS Nusantara

Keywords


Disiplin, Lingkungan Belajar dan Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The effect of security, service quality operations and information management, reliability and trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal Of Supply Chain Management Vol. 8, No: 6, pp 585-594

Barusman ,Tina Miniawati & Haninun, (2016), Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Lampung Utara Jurnal Visionist Vol. 5, Nomor 1 – Maret 2016 ISSN : 1411-4186

Hasbullah. (2009). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. (1996). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Nursito. (2002). Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah: Acuan siswa Pendidikan dan Orang Tua. Jakarta: Insan Cendikia.

Muhibbin Syah. (2015). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suradinata Ermaya. (2003). Pemimpin dan Kepemimpinan Pemerintah. Jakarta : PT. Gramedia.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. (1994). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Sumber Internet :

http://atimunyigr.blogspot.com/2012/06/pendahuluan-pendidikanadalah-usaha.html di akses 19 Maret 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i2.2220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub