ANALISIS PENERAPAN SANKSI DISIPLIN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA DI KANTOR KECAMATAN WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN

Deviana Sari, Dodi Pamalik, Habibburahman Habibburahman, Agus Purnomo

Abstract


Peraturan disiplin pegawai merupakan peraturan yang mengatur kewajiban, larangan dan sanksi apabila kewajiban-kewajiban tidak ditaati (dilanggar) oleh pegawai negeri sipil. Peraturan tersebut dimaksudkan untuk mendidik dan membina Pegawai Negeri Sipil yang melakukan pelanggaran. Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan Pegawai Negeri Sipil yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar ketentuan disiplin pegawai negeri sipil, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja. Bagi Pegawai Negeri Sipil yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi berupa hukuman disiplin. Penegakan sanksi disiplin Pegawai Negeri Sipil berlaku di seluruh wilayah indonesia.

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian ini lebih menekankan pada makna dan proses daripada hasil suatu aktivitas Secara umum penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami (understanding) dunia makna yang disimbolkan dalam perilaku masyarakat menurut perspektif masyarakat itu sendiri.

Adapun hasil penelitian yaitu Faktor kelemahan penerapan sanksi disiplin Pegawai dalam meningkatkan semangat kerja yaitu: Belum dilakukan analisis jabatan untuk mengurai beban kerja secara rinci, anggaran kecamatan terlalu kecil untuk melaksanakan tugas pokok dan pungsi (Tupoksi). Penerapan sanksi disiplin pegawai dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Faktor pendorong penerapan sanksi disiplin yaitu: peningkatan kemampuan pegawai, Faktor Aturan Tata Tertib Pegawai, penempatan posisi pegawai yang tepat, Faktor kepemimipinan yang Tegas, Faktor Lingkungan Kerja yang Kondusif, Faktor Pengawasan  dan Faktor Sarana dan Prasarana Pendukung. Faktor penghambat penerapan sanksi disiplin Pegawai diantaranya yaitu Pimpinan kesulitan menentukan alat motivasi yang tepat dan efektif.

Adapun rekomendasi yaitu penulis berharap Atasan dan bawahan hendaknya meningkatkan kedisiplinan kerja. Cara yang harus ditempuh adalah memberikan contoh yang baik misalnya datang ke kantor dengan tepat waktu dan pulang tepat waktu, memberikan teguran kepada bawahan yang salah dan sekaligus memberikan pemecahan yang sebenarnya.


Keywords


analisis, penerapan sanksi disiplin, semangat kerja

Full Text:

PDF

References


Barusman, Andala Rama Putra. 2019. The effect of security, service quality operations and information management, reliability and trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal Of Supply Chain Management Vol. 8, No: 6, pp 585-594.

Barusman, Andala Rama Putra & Rulian, Evelin Putri. 2020. Customer Satisfaction and Retention and its impact on Turism in Hotel Industry (Satisfacción y retencion del cliente y su impacto en el turismo de la industria hotelera). Utopía Y Praxis Latinoamericana. Año: 25, N° Extra 1, 2020, Pp. 117-126.

Barusman, M. Yusuf S. 2017. Soft Sistem Methodology Solusi Untuk Kompleksitas Manajemen, UBL Press, Bandar Lampung

Defrizal & Mulyawan. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham (Studi pada Saham saham Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 6, No; 1

Hasibuan, S.P. Malayu, 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta. Bumi Aksara

Mangkunegara, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke Tujuh PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media

Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ke-9, Kencana, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i1.2028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub