ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA METRO

Neli Panca Rini Rodi, Marzuki Noor, V Saptarini

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis dengan tujuan memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk anak penyandang cacat yaitu mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) untuk bersama-sama dengan peserta didik lainnya mengikuti pendidikan di sekolah reguler atau sekolah umum. Implementasi pendidikan inklusif di Kota Metro dilaksanakan pada 18 Sekolah Inklusi yang tersebar di seluruh Kecamatan, terdiri dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Dalam rangka mengoptimalkan implementasi pendidikan inklusif di Kota Metro, tentunya harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Riset ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh variabel penyebaran informasi tentang pendidikan inklusif (X1) dan variabel manajemen pendidikan Hasil analisis determinasi antara X1 dan X2 terhadap Y didapatkan nilai R sebesar 0,552 yang memberikan informasi bahwa ada hubungan yang “cukup kuat” antara variabel X1 dan X2 terhadap Y. Besarnya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dilihat dari nilai koefisien determinasi yang disimbolkan dengan R2 (R-Square) sebesar 0,304 yang berarti bahwa kontribusi semua variabel bebas yaitu (X1) dan (X2) terhadap variabel (Y) sebesar 30,4%, sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penyebaran informasi tentang pendidikan inklusif dan manajemen pendidikan inklusif secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap implementasi pendidikan inklusif di Kota Metro sehingga jika penyebaran informasi tentang pendidikan inklusif dan manajemen pendidikan inklusif ditingkatkan maka akan meningkatkan implementasi pendidikan inklusif di Kota Metro.

Keywords


Perilaku Konsumen, keputusan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Barusman, Andala Rama Putra. 2014. The Role Of Student Satisfacation at Private University. Business and

Entrepreneurial Review Vol. 14, No: 1, pp, 33 – 56

Budiyanto, Praptono, Supena, A., Sujarwanto, dan Yusuf, M. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif.

Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta

Sunarto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Sumarwan, Ujung. 2002. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Depdiknas. Jakarta

Mangkunegara, A. P. 2001. Manajemen Sumberdaya Manusia. PT. Remaja Rosda Karya. Jakarta

Widodo, J. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Bayumedia Publishing. Malang.

Setiawan, G. 2004. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung

Kemendikbud. 2009. Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang

Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Direktorat Pembinaan

PKLK. Dirjen Pendidikan Dasar. Kemendikbud. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v5i2.1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub