ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP PROGRAM SIARAN TEMBANG KENANGAN RADIO RAJAWALI 95,2 FM LAMPUNG

Estutryas Primatarani, Andala R P Barusman, V Saptarini

Abstract


Radio sebagai salah satu media pilihan pendengar dikala pendengar ingin mendapatkan hiburan yang dapat menemani segala aktifitas pendengarnya. Terlebih di zaman saat ini radio hadir dengan mengikuti perkembangan modernisasi, yakni dengan menghadirkan media radio streaming yang kapanpun dan dimanapun pendengar dapat mengakses program acara kesukaan pendengar dengan mudah. Kesuksesan sebuah program acara radio diperoleh dari hubungan antara penyiar dan pendengarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menggunakan gabungan seperti ini dapat digunakan secara bersamaan, bergantian maupun digunakan seperti berikut Kuantitatif (Survei) >> Kualitatif (studi lapangan) >> Kuantitatif ( Eksperimen). Adapun hasil penelitian yaitu sebagian besar responden menjawab pada variable Program tembang kenangan pada tingkat sedang dan baik pada nilai skor 3-4, kemudian pada kepuasan pendengar pada tingkat baik pada nilai skor 4. Analisis dengan menggunakan metode diagram kartesius menghasilkan atribut-atribut yang perlu ditingkatkan yaitu dalam hal perbendaharaan lagu, dan juga terkait informasi tentang lagu nostalgia yang dibawakan oleh penyiar. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terhadap kepuasan pendengar program tembang kenangan Radio rajawali 95,2FM terbentuk menjadi 1o faktor. diantaranya: Program kreatif, Informasi lengkap, Suara jernih, Posisi channel bagus, Banyak lagu yang disukai pendengar, Banyak melakukan pembicaraan dengan pendengar, Waktu siaran lama, Penyiar friendly, penampilan penyiar keramahan penyiar, Kemudahan menelepon banyak jumlah line telepon, Banyak lagu tembang kenangan yang populer. Adapun implikasi yaitu Rekomendasi strategi yang bisa diberikan pada Radio rajawali 95,2FM untuk meningkatkan kepuasan pendengar meliputi, peningkatan kualitas penyiar dengan adanya variasi dalam menyiarkan acara, variasi program dan lagu yang diberikan, peningkatan layanan telepon dengan meningkatkan jumlah line telepon dan perluasan media promosi untuk meningkatkan jumlah pendengar. Atribut-atribut yang harus tetap dipertahankan adalah program-program siaran yang kreatif serta informasi-informasi yang disiarkan lengkap

Keywords


Manajemen, Program Siaran, Kepuasan Pendengar

Full Text:

PDF

References


Barusman, Andala Rama Putra. 2014. Student Satisfaction as a Mediating Variable between Reputation, Image

and Student Loyalty. Full Paper Proceeding ITMAR -2014, Vol. 1, 414-436.

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotional

Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator.

International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126

Barusman, Andala Rama Putra. 2019. The effect of security, service quality operations and information

management, reliability and trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the

Online Shopping Website. International Journal Of Supply Chain Management Vol. 8, No: 6, pp 585-594.

Effendi, S. Dan Tukiran. 2012. Metode penelitian survei : LP3ES. Jakarta.

Fauzi, Achmad. 2015. “Analisis kepuasan pendengar terhadap program siaran brita terkini di radio 98,7 Gen

Fm”. Artikel : ( UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hardianty. 2015. ” Penggunaan program dan pemenuhan kepuasan pendengar radio venus di kota Makassar”,

Artikel : (UIN Alauddin Makassar).

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik praktis riset komuikasi : Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Mangkunegara, A.,P. 2009. Perilaku konsumen : PT. Refika Aditama. Bandung.

Soedarsono, D.,K. 2009. Sistem manajemen komunikasi teori, model, dan aplikasi: Simbiosa Rekatama Media.

Bandung.

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi penelitian kualitatif : PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Primatarani, Estutryas. 2015. “Kepuasan pelanggan pada layanan divisi santunan atau klaim PT. Jasa Raharja

cabang Bandung”. Artikel : (Univ. Islam Bandung).

Rifa’i, Akhmad. 2019. “Pengaruh kuaitas pelayanan terhadap kepuasan pemasangan iklan di lembaga penyiaran

publik TVRI Lampung”, Tesis : (Universitas Bandar Lampung).

Mega, Selfia Alke. 2016. The Effect of Services Quality on Satisfaction of Visitors Tourism in Recreation Park

Mutun Beach Lampung. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG)




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v9i1.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub