Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung

Sapmaya Wulan, Sayori Rahayu

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin modern membuat setaip pemilik usaha untuk mengenalkan produknya melalui media sosial. Seperti yang dilakukan oleh Monique’s Cakery yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner kue. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: volume penjualan Monique’s Cakery mengalami fluktuasi dan beberapa semester terakhir cenderung menurun. Masalah yang dirumuskan adalah apakah media sosial Instagram berpengaruh terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh media sosial Instagram terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Monique’s Cakery yang berjumlah 615 orang, dan mengambil sample responden sebanyak 62 orang yang diambil secara purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan secara online. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan hasil dari SPPS versi 18 adalah valid dan reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji-t. Adapun hasil analisis data kualitatif yang menyatakan tanggapan responden terhadap media sosial Instagram menunjukkan hasil yang fluktuatif dengan rata-rata sebesar 74,07%, dan tanggapan responden terhadap Brand Loyalty menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata nilai 80,51%. Sedangkan Hasil analisi regresi linear sederhananya adalah y=25,108+0,410x. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,286 yang berarti variabel X memberikan kontribusi sebesar 28,6%.  Uji t media sosial Instagram terhadap Brand Loyalty, dengan taraf signifikansi 5%, dk (62-2=60) 1,671, thitung sebesar 4,907 lebih besar dari ttabel 1,671, maka dengan demikian Ha diterima Ho ditolak, yang artinya media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan media sosial Instagram berpengaruh terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung terbukti kebenarannya dan dapat diterima.

The development of more modern era made the business owners to introduce their products through social media. As performed by Monique's Cakery which is a company engaged in the field of culinary cake. The problems encountered in this study are: Monique's Cakery sales volume fluctuated and some last semester tends to decrease. The problem that is formulated is whether social media Instagram influence on Brand Loyalty on Monique's Cakery. The aim of this study was to analyze the influence of social media Instagram for Brand Loyalty on Monique's Cakery. Population in this research is that consumers Monique's Cakery totaling 615 people, and take a sample of respondents as many as 62 people were taken by purposive sampling and accidental sampling. Gathering data using questionnaires distributed online. Validity and reliability testing using the aid of SPSS version 18 the results are valid and reliable. The qualitative data analysis stating respondents to Instagram social media showed a fluctuating with an average of 74.07%, and respondents to Brand Loyalty showed very good results with an average value of 80.51%. The analytical method used is a simple linear regression analysis, the coefficient of determination, and a T-test. Results of simple linear regression analysis was y = 25.108 + 0,410x. The coefficient of determination obtained a value of 0.286 which means that the variable X contributed 28.6%. Social media Instagram Ttest for Brand Loyalty, with significant level of 5%, dk (62-2 = 60) 1.671, tcount equal to 4.907 greater than ttable 1.671, it is thus accepted Ha and Ho is rejected, which means social media influence Instagram significantly to Brand Loyalty on Monique's Cakery in Bandar Lampung. Thus, the hypothesis that social media Instagram effect on Brand Loyalty on Monique's Cakery in Bandar Lampung proved to be true and acceptable.


Keywords


Media Sosial; Instagram; Brand Loyalty.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2004. Manajemen Pe-masaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Keenam, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Black Berry. https://id.wikipedia. org/wiki/BlackBerry_Messenger diakses 2 april 2016

Facebook. https://id.wikipedia.org/wiki/ Facebook diakses 6 Juli 2015

Giddens. 2002. Customer Loyalty : Menum-buhkan dan Mempertahankan Ke-setiaan Pelanggan. Ahli Bahasa : Dwi Kartini Jaya. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta : Erlangga

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : Caps.

Kevin Systrom dan Mike Krieger 2010. Instagram.https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram. diakses 19 Mei 2015

LINE. https://id.wikipedia.org /wiki /LINE. diakses 2 April 2016

Media Sosial. https://id.wikipedia.org/wiki/ Media_sosial 19 Mei 2015; 19 Mei 2015

Nasrullah, Rully. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Rangkuti, Freddy. 2009. “Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communi-cation”. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung : Nuansa Cendikia.

Rosyidi. 2010. Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabet.

Twitter. https://id.wikipedia.org/wiki/ Twitter diakses 6 Juli 2015

WhatsApp. https://id.wikipedia.org/wiki/ WhatsApp diakses 6 Juli 2015

Wulan, Sapmaya. 2014. Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Diterbitkan untuk kalangan Fakultas Ekonomi UBL




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v7i1.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub