Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Kesetiaan Pelanggan Pengguna Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung

Iskandar A.A., Risky Effendi

Abstract


Modem smartfreen connex di Bandar Lampung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang profider untuk memberikan pelayanan pada masyarakat Bandar Lampung menggunakan internet.  Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu: terjadinya kenaikan dan penurunan jumlah pelanggan yang berfluktuasi inilah yang menjadi masalah utama dari penelitian ini.Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang sedang atau pernah berlangganan Modem Smartfren Connex minimal enam bulan lamanya. Mengingat jumlah konsumen yang banyak dan tidak diketahui secara pasti maka sample yang diambil dalam penelitian ini menggunakan metode  non probability sampling dengan cara random sampling. Jumlah  sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian iniyaitiuvariabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai koefisien korelasi yang lebih besar dari rtable=0,197 (nilai rtabel untuk n=100). Sehingga semua indicator dari variabel penelitian ini adalah valid. Lalu variable dalam penelitian mempunyai koefisien alpha (α) yang cukup besar yaitu 0,811 dan 0,863 sehingga dapat dikatakan semua konsep pengukur masing-masing variabel dari kuesioner adalah reliabel yang berarti bahwa kuesioner yang digunakan dalam penelitian inimerupakan kuesioneryanghandal. Adapun Persamaan regresi dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Koefisien  variabel Brand Image  (b) diperoleh  sebesar 0,777 dengan tanda positif. Hal ini menunjukkan bila semakin besar Brand Image Produk yang terpenuhi maka semakin tinggi tingkat kesetiaan pelanggan (Y). 2) Koefisien variable Kesetiaan pelanggan (Y) diperoleh sebesar 3,132 dengan tanda positif. Hal ini menunjukkan jika  nilai variable Brand Image sebesar nol (0) maka nilai variabel kesetiaan pelanggan (Y) adalah sebesar 3.132. Hasil analisis regresi linier diperoleh bahwa variabel brand image produk mempuyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan pelanggan.Brand Image Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan konsumen. Hal ini terbukti pada nilai ttabel (2,000) lebih kecil dari t hitung (2,600) dengan nilai signifikansi 0,000. Pada variable harapan pelanggan diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 66,3 yang berada dalam kategori sedang. Hal ini bearti Brand Image Produk dapat menjadi dasar menuju terwujudnya konsumen yang setia.

Modem smartfren Connex in Bandar Lampung is a company that’s operating in the field of internet services provider to the people in Bandar Lampung. The problem in this research are: the increase and decrease in the number of customers that fluctuate which is the main problem of this research.The population of this research is the users who are being or have been subscribing Smartfren Connex Modem at least for six months. Considering there are so many users and there’s no exact number, the samples in this study are taken by using a non-probability sampling by means of random sampling.The total sample of 100 respondents. The analytical method used is qualitative and quantitative methods. The results of this study yaitiu variables used in this study had a correlation coefficient greater than rtable = 0.197 (r value table for n = 100). So that all the indicators of the variables of this research is valid. Then the variables in the study has a coefficient alpha (α) which is quite large at 0.811 and 0.863 that can be said of all the concept of measuring each variable of the questionnaire is reliable which means that the questionnaire used in this study is a reliable questionnaire. The regression equation can be explained as follows: 1) The coefficient of the variable Brand Image (b) obtained at .777 with a positive sign. It shows if the greater product’s brand image being fulfilled, the level of customer loyalty will get higher (Y). 2) The coefficient of variable customer loyalty (Y) obtained at 3.132 with a positive sign. This indicates if the value of variable Brand Image of zero (0) then the value of customer loyalty variable (Y) is approximately 3,132. Results of linear regression analysis showed that the variables brand image mempuyai significant influence on customer loyalty. Brand Image Product positive and significant impact on customer loyalty. This was evident at the value t table (2,000) is smaller than the t (2.600) with significant value 0,000. At the customer's expectations variables obtained an average score of 66.3 which answers are in the medium category. This implies Brand Image Product can be the basis for the creation of loyal consumers.


Keywords


Brand; Brand image produk; dan kesetiaan pelanggan; Brand Image Products; Customer loyalty.

Full Text:

PDF

References


Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Pe-nelitian Manajemen : Pedoman Pe-nelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Ekonomi.

Djarwanto. 1993. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ellitan, Lena. 1999. Membangun Loyalitas melalui Costumer Satisfaction dan Costumer Orientde. Kompak.

Ghozali, Imam, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, BP Undip Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Analsis Multi-variate Lanjutan dengan Program SPSS, Semarang: BP Undip.

Hasan.2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta : Media Pressindo.

Hadi. 1997. Cara Pengelolaan Kearsipan yang Praktis dan Efisien. Jakarta : Djambatan.

Keller, Kevin Lane. 1993. Conceptualizing, Measuring and Managing Customer- Based Brand Equity. Journal of Marketing 57 Jan: 1-22.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 1997, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Balai Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Sebelas. Bandung: Alfabeta.

Supranto J. 2001. Pengukuran Tingkat kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Supranto, J. 2003. Metode Riset, Edisi 7,

Jakarta: Rineka Cipta.

Swastha, Basu. 1986. Manajemen Pema-saran Modern, Liberty, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i1.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub