Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung)
Abstract
This study aims to determine whether the motivation, perception of education
costs and the length of education affect the interest of accounting students to follow accounting profession education (PPAk). This study is an empirical study conducted with the object of research that is a student majoring in accounting at universities in the city of Bandar Lampung. Data collection was done through questionnaires. The sampling technique used is purposive sampling, with the total sample of 94 students. Data analysis in this study used data quality test, classical assumption test, and hypothesis test consisting of multiple linear regression
analysis, F test, R2 test, and t test using SPSS.
The results showed that the value of R2 obtained by 0.692, which means 69.2% interest in accounting students to follow accounting profession education (PPAk) is influenced by motivation, perception of education costs and length of education. The remaining 30.8% is influenced by other variables outside the model. The result of t test shows that the motivation, perception of education cost and the duration of education have positive and significant effect to the interest of accounting student to follow accounting profession education (PPAk).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baridwan, Zaki. 2002. “Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode”.
Edisi Kelima. Badan Penerbit FE-UGM: Yogyakarta. Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta ; Bumi Akasara.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.
Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka
Mandiri
Machfoed, Mas’ud. 1998. “Survey Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Volume 13 No 4.
Nurhayani, Ulfa. 2012. “Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa
Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. Jurnal
Mediasi. Vol. 4 No. 1, Juni 2012.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48. 2008. Pendanaan
Pendidikan.
Prasetyo, Teguh Hadi. 2014. “Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi”.
Putra, Ryantino Amanda & Tuban Drijah Herawati. 2013. “Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, dan Penghargaan Terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Untuk Mengikuti PPAk di Universitas Brawijaya”. Vol. 2 No. 2 Maret 2013.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Sanusi, Anwar. 2011. Metodelogi Penelitian Bisnis. Penerbit: Salemba Empat, Malang.
Sapitri, Zazuk & Rizal Yaya. 2015. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap
Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi
(PPAk)”. Jurnal Akuntansi & Investasi. Vol. 16 No. 1, Januari 2015. Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Sekaran, Uma. 2006. “Research Methods For Business”. Metodologi Penelitian
Untuk Bisnis. Edisi Empat, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Shaleh, Abdul Rahman. 2008. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Supardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta:UII Press. Rineka Cipta.
Surya, M. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.
Widyastuti, S.W, Juliana, K dan Sri Suryaningsum. (2004). “Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. Simposium Nasional Akuntansi VII: Bali.
Yuneriya, Nanda E, Aris E.S, dan Djoko Kristianto. 2013. “Pengaruh Motivasi,
Persepsi, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, No. 1. Hlm. 69 – 77.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v8i2.946