Tinjauan Literatur Sistematis: Penyelesaian NPF Pada Perbankan Syariah

Agus Munandar, Santy Wijaya, Kemas Dedy Kusdianto, Dian Wirdiansyah, Franki Slamet

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai proses penyelesaian pembiayaan bermasalah pada perbankan syariah. Topik penelitian ini terkonsentari pada ruang lingkup perilaku laporan keuangan. Metodologi yang dipakai pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan teknik tinjauan literatur sistematis. Data yang dipakai pada penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui google scholar untuk mencari jurnal atau penelitian dengan kata kunci perilaku laporan keuangan. Pencarian jurnal melalui google scholar memperoleh 9 jurnal yang berkaitan dengan pembiayaan bermasalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam solusi pembiayaan bermasalah di perbankan syariah, pihak perbankan mengeluarkan kebijakan rescheduling dan restrukturisasi. Kebijakan ini memfasilitasi nasabah atau debitur yang mengalami kendala dalam melaksanakan kewajibannya kepada kreditur. Pihak perbankan melakukan kebijakan rescheduling dan restrukturisasi dengan cara mengubah dan restrukturisasi jangka waktu pembiayaan dan jumlah angsuran. Selain itu perilaku nasabah atau debitur menjadi kendala penerapan kebijakan rescheduling dan restrukturisasi.


Keywords


Pembiayaan bermasalah, Kebijakan, Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Aviantari, V.Y. (2021). Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Kurs Terhadap Non performing Financing Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2016-2019 Dalam Jangka Panjang dan Pendek. Skripsi: IAIN Ponorogo.

Berrocoso, J.V., Arroyo, M., Videla, C. B. dan Cevallos, M. (2020). Trends in Educational Research about e-Learning: A Systematic Literature Review (2009-2018). MDPI.

Candrakuncaraningsih, V. (2021). Desain Relaksasi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Era Covid-19 Pada Perbankan Syariah. Tesis: Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Hunter, J.E. dan Schmidt, F.L. (1990). Methods of meta-analysis: correcting error and bias in research findings. Newbury Park, CA: Sage.

Inayah, N. (2022). Strategi Dalam Menangani Pembiayaan Bermasalah Pada Unit Syariah Bank Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 22.

Lame, G. (2019). Systematic Literature Reviews: an Introduction. International Conference on Engineering Design, ICED19. University of Cambridge: UK

Lestari, S. (2021). Analisis Kebijakan Resechedulling dan Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah Di PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu.Skripsi IAIN Bengkulu.

Nasution, N. dan Rokan, M.K. (2022). Pelaksanaan Rescheduling Pada Pembiayaan Modal Kerja Bermasalah Dengan Akad Murabahah Pada Bank Syariah Indonesia KC Lubuk Pakam. Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol.2.

Nugraha, I.G.W.C. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Minat Menyusun Laporan Keuangan Berbasis EMKM. Jurnal Akuntansi: Universitas Brawijaya.

Octavia, R.M.H. (2021). Analisis Pengaruh Variabel Mikro dan Makro Ekonoi Terhadap Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi: Universitas Islam Negeri Malang.

Putri, F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kolektabilitas Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus: PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Medan). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ramadhana, A.S. (2021). Strategi Dalam Menangani Pembiayaan Bermasalah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya Medan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, Vol. 9.

Retno, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H. dan Anazifa, R.D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Parama Publishing: Yogyakarta.

Sa;diah, Z., Fahmi, A.S.R. dan Sup, D.F.A. (2021). Analisis Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Menurut Fatwa DSN MUI No. 17/DSN-MUI/IX/2000 dan NO. 43/DSN-MUI/VIII/2004: Studi Kasus di BMT LA Tansa Ponorogo. Journal of Islamuc Banking.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alphabet: Bandung.

Wahono, R. S. (2015). A Systematic Literatire Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Dian Nuswantoro University.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v14i1.3040

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.