Pengelolaan Keuangan Keluarga Etnis Mbojo

Khofifa Tussilmi, Puji Endah Purnamasari

Abstract


Masyarakat Mbojo memiliki kesadaran yang besar tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak mereka, walaupun mereka berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah maupun rendah tetapi mereka mampu melanjutkan pendidikan anak-anak mereka sampai ke perguruan tinggi. Masyarakat Etnis Mbojo mengharapkan anak-anak mereka melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi agar dapat membangun Mbojo menjadi daerah yang lebih baik, meskipun sarana dan prasarana di beberapa desa di kabupaten serba kekurangan dan tidak memadai. Sama halnya dengan lokasi penelitian ini yaitu masyarakat di Desa Naru Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan keluarga Etnis Mbojo di Desa Naru yang membiayai pendidikan anak mereka hingga ke perguruan tinggi. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, salah satu tujuannya yaitu agar fokus penelitian yang berupa motivasi serta pengelolaan keuangan dapat tergambarkan secara sistematis. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data agar lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian disempurnakan dengan penelitian terdahulu dan juga teori. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi keluarga Etnis Mbojo melanjutkan pendidikan anak-anak mereka hingga ke perguruan tinggi yaitu untuk masa depan anak yang lebih baik, menjadi anak yang berpendidikan, berguna bagi orang tua, serta agar anak mendapat pekerjaan yang layak. Sedangkan pengelolaan keuangan keluarga Etnis Mbojo adalah dengan memprioritaskan biaya pendidikan anak dari hasil pendapatan serta mencatat, menabung, dan menginvestasikannya dalam bentuk property dan emas perhiasan.


Keywords


ethnical, mbojonese, tradition, finance, education, family.

Full Text:

PDF

References


Al-Fahham, Muhammad. (2020). Berbakti Kepada Orang Tua Kunci Kesuksesan dan Kebahagiaan Anak. Edisi Digital.

Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: PT Indah Media Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, Rihlah Nur. (2013). Rimpu: Budaya Dalam Dimensi Busana Bercadar Perempuan Bima. Jurnal Studi Al-Qur’an, 9(2), 94-108.

Aulia, Rihlah Nur. (2013). Rimpu: Budaya dalam Dimensi Busana Perempuan Bima. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 9(2), 2.

Bazher, Syelvi Salama Binti Abdullah, dan Noven Suprayogi. (2017). Bagaimana Pola Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Muslim Etnis Arab yang Berprofesi Ustadz dan Dokter di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 4(3), 203-218.

Dumairy. (1996). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Endrianti, Rosalia Debby, dan Nisful Laila. (2016). Pengelolaan Keuangan Keluarga Secara Islam pada Keluarga Muslim Etnis Padang dan Makassar di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3(7), 549.

Hasan, Iqbal. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasan, Muhammad Tholchah, dkk. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (Tinjauan Teori dan Praktis). Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang.

Hasbullah. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Umum dan Agama Islam. (Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jurdi, Syarifuddin. (2008). Islam masyarakat Madani dan Demokrasi di Bima: Membangun Demokrasi Yang Kulural Berbasis Religius, Cet. I; Yogyakarta: Center Of Nation Building Studies.

Karim, Adiwarman. (2007). Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lastuti, Sri, dan Anisah. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu Penerima Bantuan Program Keluarga harapan (PKH) di Desa Naru Timur untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kue Tradisional Bima. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Lutfia. (2019). Pengelolaan Keuangan Wanita Perantau Etnis Madura (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Mahalelita, Resy. (2019). Motivasi Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Lanjutan Bagi Anak di Desa Gunung Besar Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Malingi, Alan. (2016). Syiar Islam dalam Upacara Adat Hanta Ua Pua di Tanah Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Lektur Keagamaan, 14(1), 29-54.

Mariati, M. (2013). Maja Labo Dahu dalam Dinamika Kehidupan Masyarakat Bima (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Nurhayati, N. (2016). Urgensi Nilai Kearifan Lokal Maja Labo Dahu dalam Pembentukan Karakter Anak pada Keluarga Etnis Bima di Kel. Mangasa Kec. Tamalate Kota Makassar (Pendekatan Sosiologi) (Doctoral dissertation, u).

Nurjanah. (2021). Motivasi Orang Tua dalam Melanjutkan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kec. Bayung Lincir Kab. Muba Prov. Sumatera Selatan) (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Patton, Michael Quinn. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Senduk, Safir. (2000). Seri Perencanaan Keuangan Keluarga Mengelola Keuangan Keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Suhartini, Dewi, dan Jefta Ardhiana Renata. (2012). Pengelolaan Keuangan Keluarga Pedagang Etnis Cina. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 70-81.

Susilo, Sri, dan Sigit Triandaru. A. (2000). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Untung, Budi. (2011). Hukum Bisnis Pasar Modal. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widodo, Henri. (2016). Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 13(2), 293-308.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v12i2.2146

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.