Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CSR Pada Perusahaan Barang Konsumsi

Ike Nurul Anggraini, Listyorini Wahyu Widati

Abstract


Riset ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh SIZE, ROE, DER, CR, NPM terhadap CSR yang terjadi pada perseroan sektor barang konsumsi yang listing di BEI pada tahun 2015-2020. Data yang dipakai pada penelitian ini ialah laporan keuangan tahunan 2016, 2018 dan 2020 yang dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 23 sampel perseroan yang listing di BEI. Data yang digunakan ialah data sekunder yang berupa data panel. Analisis model regresi yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Riset menghasilkan SIZE, DER, CR, dan NPM berpengaruh positif terhadap CSR. Variabel NPM adalah variabel yang memiliki pengaruh terkuat dibandingkan variabel independent lainnya yaitu sebesar 0,160. Sedangkan ROE mempunyai tidak berpengaruh terhadap CSR. Penelitian ini menghasilkan 88,7% variabel CSR dapat diterangkan dan digambarkan oleh SIZE, ROE, DER, CR dan NPM, sedangkan 11,3% dipengaruhi oleh variabel selain yang berada pada model penelitian.


Keywords


CSR, profitabilitas, struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Umar Rizqon, 2020, “Peran CSR dalam Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19), Vol 7, No: 2, Hal: 341 - 347, Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.

Amelia, 2015, Pengaruh kinerja keuangan, kinerja lingkungan, size, dan ukuran dewan komisaris terhadap CSR disclosure (studi emperis pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2010- 2014.

Ariantika, Titania, 2020, “Pengaruh CSR (Corporate Social Responbility), Ukuran Perusahaan (Size), Intensitas Persediaan (Inventory Intensity), ROA (Return On Assets), Leverage, Likuiditas Terhadap Agresivitas Pajak.”, Universitas Stikubank Semarang.

Brigham, Eugene F and Joel F. Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 11 Buku 2 . In E. d. Brigham, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 11 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Deegan, 2004, Analysis Reporting Disclosure of Corporate Social Responsibility Disclosure of Manufacturing Companies. International Journal of Innovative Science and Research Technology (Vol. 4).

Ghozali, Imam.2011.“Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Edisi 4.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gray, R.H.,R. Kouhy and S. Lavers. 1995. “Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of the Literature and Longitudinal Study of UK Disclosure”. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 8: 47-77.

Graline H, Claudia Agatha, 2019, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan.Hartono, Tri Rundi, 2018, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Industri Food And Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2010 2012.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics,3(4),page305–360.

Sembiring, 2005, Standar Pelaporan Pertanggungjawaban Sosial.

Sofyan Syafri Harahap, 2010, Pengaruh kinerja keuangan terhadap tanggung jawab social perusahaan hal.303

Yuliarni, Resti 2013, Pengaruh kinerja keuangan terhadap pengungkapan Corporate social responbility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic index periode 2008- 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v12i2.2144

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.