Determinasi Pengungkapan Manajemen Discusion &Analisys (Md&A) Pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar Di Bei

Maristiana Ayu, haninun haninun

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh determinasi pengungkapan MD&A berupa  ukuran perusahaan, pertumbuhan dan kinerja. Data yang gunakan data sekunder, diperoleh secara purposive sampling melalui Directory Laporan Tahunan 2016-2017 di Bursa Efek Indonesia (BEI) khususnya perusahaan berkapitalisasi besar sebanyak 82 sampel serta pengukuran MD&A menggunakan indeks pengungkapan Annual Report Award (ARA) oleh OJK tahun 2016.  

Hasilnya menunjukkan Ukuran Perusahaan/size mempunyai pengaruh yang signifikan pada Pengungkapan MD&A, pertumbuhan/growth dan kinerja perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan MD&A, sesuai penelitian Suripto (2014).

Keterbatasan dari hasil penelitian ini yaitu masih pendeknya jangka waktu penelitian dan sampel yang digunakan dengan kriteria pada perusahaan tertentu serta belum mendalamnya metode pengukuran pengungkapan yang melihat nada pengungkapan dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa investor di Indonesia masih belum banyak menggunakan dan memanfaatkan konten informasi MD&A sebagai informasi yang efektif, namun lebih banyak pada pengungkapan lainnya khususnya pada informasi keuangan. Selain itu perbedaan hasil dinegara lain yang tidak sama dengan di Indonesia kemungkinan faktor lingkungan budaya dan struktur perusahaan yang sangat berbeda.

 


Keywords


Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan, Kinerja dan Pengungkapan MD&A.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v12i1.1918

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.