Tipologi Bentuk Atap pada Arsitektur Jawa

Josephine Roosandriantini, Angelina Novemita Santoso, Catherina Novita Ambarwati

Abstract


Bentuk awal hasil karya Arsitektur Jawa adalah tempat tinggal Masyarakat Jawa. Manusia Jawa sangat memperhatikan orientasi diri dan refleksi sikap hidup mereka dan memasukkannya ke dalam berbagai simbol. Simbol-simbol ini kemudian diaplikasikan ke dalam Arsitektur Jawa, sehingga dapat dikatakan bahwa Arsitektur Jawa mencerminkan kedudukan pemiliknya. Tipologi arsitektur nusantara sendiri terbagi atas karakter atap dan pembagian ruang. Diantara kedua aspek tipologi tersebut, wujud fisik Arsitektur Jawa yang paling mudah diidentifikasi adalah bentuk atap. Bentuk atap rumah Arsitektur Jawa yang dibahas dalam penelitian ini adalah atap rumah bentuk Joglo, Limasan, dan Kampung. Penelitian ini memakai metode deskriptif. Data yang diambil dari buku maupun internet dikumpulkan, dijabarkan secara deskrptif, dan kesimpulan diambil dari data yang ada. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk atap suatu arsitektur Jawa adalah kedudukan sosial pemilik dan kedudukan ekonomi pemilik.

Keywords


arsitektur Jawa; bentuk atap; tipologi

Full Text:

PDF

References


Cahyandari, Gerarda Orbita Ida.(2012).”Tata Ruang dan Elemen Arsitektur pada Rumah Jawa di Yogyakarta sebagai Wujud Kategori Pola Aktivitas dalam Rumah Tangga”. Jurnal Arsitektur Komposisi, Volume 10, nomor 2.

Hamzuri.(1981). “Arsitektur Tradisional Jawa”. Depdikbud. Jakarta. Ismunandar, K.R.(1986). Joglo,Arsitektur rumah tradisional Jawa. Semarang: Dahara Prize.

Ismunandar. (1993). Joglo: Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Semarang : Dhara Prize.

Mangunwijaya,Y. B.(1995). “Wastu Citra”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pitana, T. (2007). “Reproduksi Simbolik Arsitektur Tradisional Jawa : Memahami Ruang Hidup Material Manusia Jawa”. Gema Teknik, 2 (10), pp. 126 - 133.

Prijotomo, J.(1995). “Petungan Sistem Ukuran dalam Arsitektur Jawa”.Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Roosandriantini, J.(2010).”Identifikasi Konstribusi Perilaku Bermukim Bangsawan Jawa terhadap Wujud Fisik Arsitektur Pura Mangkunegaran Periode 1890-1930an”.[Thesis].Institut Teknologi Sepuluh Nopember.Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1257

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License