Implemantasi Apps Teacher Kit untuk Proses Administrasi Dosen Mandiri yang Efektif, Efisien, dan Paperless

Erlangga ERLANGGA, Yanuarius Yanu Dharmawan

Abstract


Teknologi smartphone tidak bisa diremehkan keberadaan dan kemajuannya. Kemajuan yang ada banyak yang mendukung kelancaran dalam pendidikan. Tenaga dosen sebagai panutan para mahasiswa hendaknya mampu menggunakan segala aplikasi smartphone terutama aplikasi yang fiturnjang pelaksanaan pendidikan. Tujuan dari penggunaan aplikasi-aplikasi dalam pendidikan itu bertujuan agar pelaksanaan administrasi penilaian dan segala hal yang berhubungan dengan absensi mahasiswa dapat disimpan secara online atau paperless. Hal ini sangat berguna dan secara langsung mengurangi penggunaan kertas.

Selain pengurangan penggunaan kertas, penggunaan teacher kit dapat membuat dosen baik guru maupun dosen lebih efisien dalam mendata keseluruhan kegiatan di dalam kelas. Semua data absensi, nilai, keterlibatan mahasiswa dalam kuliah maupun di luar kuliah disimpan langsung secara offline sehingga apabila terjadi kerusakan atau kehilangan akan gadget yang biasa digunakan, semua data tetap tersimpan dengan rapi dan utuh. Kegiatan ini membutuhkan waktu 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun sampai nilai yang diharapkan dapat dilihat oleh semua mahasiswa dan benar-benar tidak ada kesalahan.


Keywords


Teacher Kit; Efisiensi; Paperless; Offline Technology.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: PT Rineka Cipta, Jakarta.

Cassaday, Amanda, (2015) http://blogs.elon.edu/technology/teacherkit-the-classroom-management-app-teachers-will-love/ Accessed 28/4/16.

Cohen, Louis, Lawrence Manion & Keith Morrison, 2007, Research Methods in Education, Sixth Edition, Oxon, Routledge, Taylor and Francis Group

Johnson & Christensen (2012). Educational Research 4th Edition Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches: Sage Publication inc, USA.

Melhuish, K. & Falloon, G. (2010). Looking to the future: M-Learning with the iPad. Komputers in New Zealand Schools: Learning, Leading, technology, 22 (3)

Nana Syaodih Sukmadinata, (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Remaja Roskakarya.

"Technology in Schools: Weighing The Pros and Cons". Huffington Post. May 25, 2011.

Speirs, F. (2012) We Need to Talk About Android. {Online: http://www.speirs.org/blog/2012/3/6/we-need-to-talk-about-android.html. Accessed 28/4/17

Traxler, J. (2010). Will Student Devices Deliver Innovation, Inclusion and Transformation? Journal of the Research Centre for Educational Technology, Kent State University

Vrtis, J. (2010). The Effects of Tablets on Pedagogy. Paper for TIE 593, National Louis University. {Online: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download? doi=10.1.1.370.6334&rep=rep1&type=pdf Accessed 28/4/17

Website resmi teacher kit http://www.Teacher kit.net/author/mostafamourad/ diakses februari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i2.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub